Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Bertanya melalui Suka Tanya bagi Guru yang Mengajar Peserta Didik Baru di SMA Negeri 1 Dusun Selatan
Efforts to Improve Pedagogic Competence Asking through Asking Questions for Teachers Teaching New Students in South Dusun 1 High School
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i1.833Keywords:
Kompetensi Pedagogik Guru, Teknik Bertanya, Supervisi AkademikAbstract
Kompetensi Pedagogik merupakan kompetensi profesional guru, termasukkemampuan komunikasi dalam proses pembelajaran yang interaktif, baik antara guru-peserta didik, peserta didik-guru maupun peserta didik-peserta didik dan diciptakan secara kondusif melalui penerapan teknik bertanya.Tetapi fakta di SMA Negeri 1 Dusun Selatan terutama kelas X pembelajaran berlangsung monoton, interaksi kelas minimal dan didominasi oleh guru sehingga dirasakan perlu dilakukan Supervisi Akademik Teknik Bertanya (Suka Tanya) serta untuk mengetahui tingkat keberhasilannya diobservasi dengan penelitian tindakan sekolah. Tujuan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini untuk : (1) mengetahui apakahSuka Tanya dapat meningkatkan kompetensi pedagogik bertanya bagi guru yang mengajar peserta didik baru SMA Negeri 1 Dusun Selatan dan (2) bagaimana langkah-langkah agar Suka Tanya dapat meningkatkan kompetensi pedagogik bertanya bagi guru yang mengajar peserta didik baru SMA Negeri 1 Dusun Selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan dimana dilakukan tindakan berupa supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bertanya bagi guru SMA Negeri 1 Dusun Selatan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang dibagi empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi, berfokus untuk memperoleh data interaksi kelas dan persepsi peserta didik dalam proses pembelajaran. Analisis data dengan metode deskriptif untuk menguraikan secara komprehensif proses dan hasil penelitian.
Downloads
References
Glickman,C.D.,Gordon,S.P., and Ross-Gordon,JM.2007. Supervision and Instructional Leadership A Development Approach. Seventh Edition, Boston: Pearson.
Depdikbud.Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.1991. Petunjuk Pembinaan Profesional Guru, Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Harahap, B.1983, Supervisi Pendidikan, Jakarta : Damai Jaya.
Indrayanto.2010. Supervisi Akademik (Online) (http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2025213-supervisi-akademik/, diakses 09 Juni 2015)
Iryanti,P.2012. Teknik Bertanya Guru Matemetika (Online)
(http://p4tkmatematika.org/2012/02/teknik-bertanya-guru-matematika/ diakses 09 Juni 2015)
Kemendikbud.2012. Supervisi Akademik, Bahan Diklat Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah, Jakarta: PPTK BPSDMPK dan PMP.
Kemendiknas.2011. Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PK Guru), Buku 2, Jakarta: Direktorat PPTK.
Mushofa, A.02 September 2010. Hakikat dan Teknik Bertanya dalam Pembelajaran (Online) ( http://Mashofa.wordpress.com diakses 09 Juni 2015)
Rudi.2012. Supervisi Akademik Merupakan Upaya Peningkatan Mutu Guru
(Online)(http://edukasi.kompasiana.com/2012/03/06/supervisi-akademik-merupakan-upaya-peningkatan-mutu-guru/ diakses 09 Juni 2015)
Sahertian , P. A.1981, Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan , Surabaya : Usaha Nasional.
Sahertian , P. A. 2000, Supervisi Pendidikan , Jakarta : Rineka Cipta
Supriyono. 2012. Pengaruh Sistem Supervisi Akademik Pengawas Sekolah terhadap Profesionalisme Guru SMA Negeri 1 Padang Padi Lampung Tengah (Online) ( http://lontar.ui.ac.id/themes/libri2/detail.jsp?id, diakses 12 Juni 2015)
Tim Pengembang SMAN 1 Tenjo.2011. Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP Melalui Supervisi Akademik Berkelanjutan di SAMN 1 Tenjo Kabupaten Bogor (Online)
(http://paismabogor.files.wordpress.com/2011/04/laporan.pts.pdf. diakses 09 Juni 2015)
Zariant ,A.2012. Definisi Kognitif-Afektif dan Psikomotorik Online)
(http://abazariant.blogspot.co.id/2012/10/definisi-kognitif-afektif-dan-psikomotor.html diakses 07 Juli 2015)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License