Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Dengan Media Konkret Pada Peserta Didik Kelas IV SDN-3 Telangkah Tahun Pelajaran 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.33084/pedagogik.v13i2.865Keywords:
Aktivitas, Hasil Belajar, Berbasis Masalah, Media Konkret, MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran Matematika menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan media konkret; (2) meningkatkan hasil belajar Matematika menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan media konkret pada peserta didik kelas IV SDN-3 Telangkah.
Metode dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IVA SDN-3 Telangkah yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Observasi dan Tes. Sedangkn teknik analisis data menggunakan analisis kulitatif dan analisis kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Aktivitas belajar peserta didik selama pembelajaran Matematika menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan media konkretmenjadi baik. Hal tersebut sesuai dengan data observasi yakni, pada siklus I memperoleh skor rata-rata 3,4 dengan kriteria baik. (2) Ada peningkatan hasil belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan media konkret pada pelajaran Matematika yang menunjukkan pada pra tindakan dengan rata-rata 58 dengan presentase 47%. Dan ada peningkatan siklus I dengan rata-rata 92dengan presentase 100% dengan klasifikasi tercapai.
Downloads
References
Penelitian Tindakan Kelas DalamPendidikan Nonformal, Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada
Heruman, (2014), Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Riyanto, Y., (2012), ParadigmaPembelajaran Baru, Jakarta : Kencana
Sumadayo, S., (2013), Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Yogyakarta : Graha Ilmu
Suprijono, A, (2009), CooperativeLaerning, Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Susanto,A., (2013), Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar, Jakarta : Kencana
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License