Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Dengan Media Konkret Pada Peserta Didik Kelas IV SDN-3 Telangkah Tahun Pelajaran 2016/2017

Authors

  • Ade Salahudin Permadi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Repitae Repitae Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v13i2.865

Keywords:

Aktivitas, Hasil Belajar, Berbasis Masalah, Media Konkret, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran Matematika menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan media konkret; (2) meningkatkan hasil belajar Matematika menggunakan pembelajaran berbasis masalah dengan media konkret pada peserta didik kelas IV SDN-3 Telangkah.

       Metode dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IVA SDN-3 Telangkah yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Observasi dan Tes. Sedangkn teknik analisis data menggunakan analisis kulitatif dan analisis kuantitatif.

        Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Aktivitas belajar peserta didik selama pembelajaran Matematika menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan media konkretmenjadi baik. Hal tersebut sesuai dengan data observasi yakni, pada siklus I memperoleh skor rata-rata 3,4 dengan kriteria baik. (2) Ada peningkatan hasil belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan media konkret pada pelajaran Matematika yang menunjukkan pada pra tindakan dengan rata-rata 58 dengan presentase 47%. Dan ada peningkatan siklus I dengan rata-rata  92dengan presentase 100% dengan klasifikasi tercapai.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ade Salahudin Permadi, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Repitae Repitae, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Abdulhak, I., & Suprayogi, U., (2013),
Penelitian Tindakan Kelas DalamPendidikan Nonformal, Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada
Heruman, (2014), Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Riyanto, Y., (2012), ParadigmaPembelajaran Baru, Jakarta : Kencana
Sumadayo, S., (2013), Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Yogyakarta : Graha Ilmu
Suprijono, A, (2009), CooperativeLaerning, Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Susanto,A., (2013), Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar, Jakarta : Kencana

Downloads

Published

2018-10-12

How to Cite

Permadi, A. S., & Repitae, R. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Dengan Media Konkret Pada Peserta Didik Kelas IV SDN-3 Telangkah Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 13(2), 23–28. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v13i2.865