Prososial Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Peningkatan Perilaku Prososial Siswa Di MAN 2 Tanah Datar
The Influence Of Role Playing Technique Group Guidance On Improving Students Prosocial Behavior In MAN 2 Tanah Datar
DOI:
https://doi.org/10.33084/suluh.v6i1.1548Keywords:
perilaku prososial, bimbingan kelompok, role playingAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar pengaruh bimbingan kelompok teknik role playing terhadap peningkatan perilaku prososial siswa di MAN 2 Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperiment. Jenis desain yang digunakan dalam penelitian1ini adalah pre-eksperimental design dengan tipe one group pretest-posttest design. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) terdapat peningkatan perilaku prososial siswa setelah diberikan treatment bimbingan kelompok teknik role playing dengan (9,01) > tt (1,83) Pada taraf signifikan o,5 %, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan kelompok teknik role playing terhadap peningkatan perilaku prososial siswa dengan nilai (9,01) > tt (1,83) Pada taraf signifikan o,5 %. Hasil treatment diperoleh 2 siswa mempunyai perilaku prososial kategori sangat tinggi, 6 siswa kategori tinggi dan 2 siswa mempunyai perilaku prososial dengan kategori sedang.
Downloads
References
Ayuningtyas, et al. 2020. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Brebes. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2): 5
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Dewi et al., .2017. Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Gugus Vii Kecamatan Buleleng. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1) : 4.
Erford, B.T. 2017. 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Karyanti, Muhammad Andi Setiawan. 2018. Model Konseling Kelompok Teknik Expresif Writing Berlandaskan Falsafah Dandang Tingang Untuk Meningkatkan Perilaku Respect. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 2(2):129-136.
Mahmudah, S. 2010. Psikologi Sosial. Malang. UIN-Maliki Press.
Matondang, E. S. 2016. Perilaku Prososial (Prosocial Behavior) Anak Usia Dini dan Pengelolaan Kelas Melalui Pengelompokan Usia Rangkap (Multiage Grouping). Jurnal Pendidikan Dasar. 8 (1) : 34-47.
Novita D.T . 2011. Pengaruh Bermain Peran Prososial Terhadap Peningkatan Konsep Diri Anak Pada Siswa SD Negeri 1 Prambanan. Skripsi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Surakarta.
Prayitno. 2017. Konseling Profesional Yang Berhasil. Jakarta. Rajagrafindo Persada.
Putra, Chandra Anugrah. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek Perancangan dan Kecerdasan Logik-Matematik Terhadap Kompetensi Merancang Web. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(2):90-101.
Rahman, A. A 2013. Psikologi Sosial. Jakarta. Rajagrafindo Persada.
Safithry, Esty Aryani & Niky Anita. 2019. Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Menurunkan Prasangka Sosial Peserta Didik. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2):33-41.
Setiawan, M Andi. 2015. Model konseling kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan self-efficacy akademik siswa. Jurnal Bimbingan Konseling 4(1).
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif/ Kualitatif dan R& D. Bandung. Alfabeta Bandung.
Suryapranata, S. 2016. Panduan Oprasioanl Penyelengaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas. Jakarta.
Widyanti, A et al. 2019. Efektifitas Konseling Sosial Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatkan Self Afiliasi. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha. 10(2), 75.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.