Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Talking Stick Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Sanaman Mantikei
Increasing Ips Learning Outcomes Through The Talking Stick Learning Model For VII Class Students Of SMPN 1 Sanaman Mantikei
DOI:
https://doi.org/10.33084/suluh.v7i2.3391Keywords:
Model Pembelajaran, Talking Stick, Hasil Belajar IPSAbstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 1 Sanaman Mantikei.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif. Subjek dan lokasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 1 Sanaman Mantikei. Objek penelitian ini berupa hasil pembelajaran melalui model pembelajaran Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS. Hasil penelitian melalui model pembelajaran talking stick mata pelajaran IPS pada peserta didik kelas VII SMPN 1 Sanaman Mantikei yakni sebelum siklus yaitu: siswa yang mendapat nilai kurang dari 70 ada 11 siswa ( 39,29%), siswa yang mendapat nilai 70 keatas ada 17 siswa (60,71%), dengan rata-rata 71,36. Hasil belajar siswa pada siklus 1 menunjukkan : siswa yang mendapat nilai kurang dari 70 ada 8 siswa (28,57%), siswa yang mendapat nilai lebih dari 70 ada 20 siswa (71,43%) . Hasil belajar siswa sebelum siklus ke siklus 1 mengalami peningkatan sebesar 2,64 (dari 71,36 menjadi74,07). Hasil belajar siswa pada siklus II menunjukkan siswa yang mendapat nilai kurang dari 70 ada 0 (0%), sedangkan yang mendapatkan nilai atau lebih ada 28 (100%). Hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yaitu sebesar 4,25 (dari 74,07 menjadi 78,32).
Pembelajaran dengan mempergunakan Model Talking Stick, ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disini dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai ulangan harian pada siklus I adalah 71,36 dan pada siklus II hasil rata-rata ulangan harian adalah 78,32, sehingga terdapat peningkatan sebesar 4,25.
Downloads
References
Depdiknas. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Desmita. 2006. Psikologi Perkembangan Remaja. Rosdakarya. Bandung.
Goodman. 2010. Membaca. Teori dan Praktek.2-3, Gramedia:Jakarta.
Sudjana & Nana. 2001. Media Pengajaran, Bandung:Sinar Baru.
Surti, Wayan & Muhammad Jailani. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas Dan Media Kartu Tebak Kata Pada Peserta Didik di SDN 1 Pulau Telo Kuala Kapuas Tahun Ajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 12(2):14-28.
Hendri & Yanti. 2015. Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik di SDN-1 Langkai Palangkaraya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1):30-35.
Setyawan, Dedy. 2014. Pembelajaran Matematika yang Mengacu Multiple Inteligences pada Materi Statistik di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Batu. Anterior Jurnal, 14(2):51-58.
Setiawan, M Andi & Diplan. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.