Peningkatan Pemahaman Siswa Dalam Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar Melalui Media Konkrit
Improving Student's Understanding In Mathematics Lessons Of Building Up Flat Through Concrete Media
DOI:
https://doi.org/10.33084/suluh.v7i2.3392Keywords:
Media Konkrit, Pokok Bahasan Bangun Datar, MatematikaAbstract
Pembelajaran akan membosankan jika guru selalu mendominasi kegiatan belajar dan mengajar, sehingga akhirnya siswa akan merasa bosan, jenuh, dan kurang berminat dalam mengikuti pelajaran. Penulisan ini bertujuan untuk membuktikan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 8 Menteng, setelah menggunakan media konkrit berupa Kertas HVS, penggaris, jam dinding, penggaris segi tiga dalam pelajaran matematika pada pokok bahasan Bangun Datar.
Data awal yang diperoleh dalam penelitian ini menyebutkan bahwa dari 32 siswa hanya 12 anak yang memperoleh nilai di atas 65 atau dinyatakan tuntas dalam belajar dan 20 anak belum tuntas dalam belajar, karena nilai yang diperoleh masih di bawah 65. Pada siklus I data yang diperoleh menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa. Data yang diperoleh menyebutkan dari 32 siswa, 17 anak dinyatakan tuntas dalam belajar dan 15 anak belum tuntas dalam belajar. Dari hasil tersebut maka dilanjutkan pada siklus II dan hasilnya menyebutkan peningkatan pemahaman siswa yang signifikan, yaitu siswa tuntas 84 %. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka disarankan kepada guru hendaknya menggunakan media pembelajaran atau alat peraga, agar dapat dijadikan alternative sumber belajar dengan mengutamakan keaktivan siswa dan disesuaikan dengan materi yang disampaikan.
Downloads
References
Balai Pustaka (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Hal. 1220. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Hermawan, Asep (2008). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Hal.8.27. Jakarta: Universitas Terbuka.
Muhsetyo, Gatot (2007). Pembelajaran Matematika SD. Hal.1.2. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nasution (1986). Didaktik Asas Asas Mengajar. Hal. 91. Bandung: Jemmars.
Setyawan Dedy. 2020. Meningkatan hasil belajar siswa menggunakan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan media konkrit. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar. 4:2(155-163).
Soedjadi dalam Hermawan (2008). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Hal. 1.3. Jakarta: Universitas Terbuka
Tim Bina Karya Guru (2007). Terampil Berhitung Matematika. Hal. 5. Jakarta: Erlangga.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.