Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas V Dalam Mengapresiasi Puisi Dengan Strategi Pembelajaran Strata
Improving The Ability Of Class V Students In Appreciation Of Poetry With Strategy Learning Strategies
DOI:
https://doi.org/10.33084/suluh.v7i2.3393Keywords:
Puisi, Strategi Pembelajaran SastraAbstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan pada kelas prasiklus ditemukan masalah dalam proses pembelajarannya apresiasi sastra lama, khususnya puisi. Dalam proses pembelajaran tersebut siswa kurang begitu memahami pelafalan bahasa dalam membacakan puisi. Kondisi ini menyebabkan sisiwa tidak terampil menggunakan kemampuannya dalam mengikuti pembelajaran apresiasi sastra khususnya puisi. Kendala pembelajaran apresiasi puisi di kelas, maka perlu diupayakan strategi pembelajaran yang tepat untuk mengatasai tersebut. Degan strategi yang tepat, tujuan serta target hasil yang diinginkan akan dapat terpenuhi. Salah satu alternatif strategi pembelajaran yang seyogianya digunakan adalah strategi strata.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan strategi strata terhadap kemampuan siswa kelas V SDN 1 Sei Gohong Kota Palangka Raya dalam mengapresiasi puisi. Secara khusus tujuan penelitian dapat dijabarkan sebagai berikut. Jadi penelitian perbaikan pembelajaran ini bertujuan untuk mengetahui apakah metodologi strata mampu meningkatkan apresiasi sastra siswa kelas V SDN 1 Sei Gohong Kota Palangka Raya.
Hasil analisis terhadap data tes akhir pada tindakan I, menunjukan tingkat kesulitan siswa yaitu 32,26% sedangkan pada tindakan II tingkat kesulitan siswa 9,68% dari hasil pengamatan pelaksanaan pengajaran perbaikan II yaitu dengan strategi pembelajaran strata dalam mengapresiasi puisi sangatlah tepat dalam mengatasi kesulitan siswa belajar sastra secara khusus puisi.
Downloads
References
Ardiana, Leo Indra. 2002. Apresiasi. Jakarta: Depdiknas.
Atmajaki. 1993. Apresiasi Puisi. Jakarta: Pustaka Jaya.
Chandra A Putra, M Andi Setiawan, M Jailani, dan Ade S Permadi. 2019. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Model Explicit Instruction Berbasis Teknologi Multimedia. Jurnal Seminar Internasional Riksa Bahasa.
Depdikbud. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Panitia. 2006. Materi Penyuluhan Bahasan Indonesia (untuk kalangan sendiri). Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. Palangkaraya.
Sion H. 2007. Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK). UNPAR.
Subyantoro. 2004. Pengembangan Kemampuan Membaca Sastra. Jakarta: Direktorat Pendidikan Lanjutan Tingkat Pertama Depdiknas.
Sudjiman, Panuti. 1986. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Gramedia.
Surachmad, Winarno. 1989. Pengantar Penelitian Ilmiah. Jakarta: Tarsito.
Teeuw A. 1980. Membaca dan Menilai Sastra. Jakarta: Gramedia.
TIM Penyusun. 2007. Pedoman Penulisan Skripsi. Universitas Palangkaraya. Palangkaraya.
Wardani I.G.AK. 1982. Pengajaran Sastra. Jakarta: P3G Depdikbud.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.