Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Metode Demonstrasi Menggunakan Media Nyata Pada Materi Struktur Akar
Increasing Achievement In Science Learning Through Demonstration Method Using Real Media On Root Structure Materials
DOI:
https://doi.org/10.33084/suluh.v7i2.3402Keywords:
Metode Demontrasi, Materi Struktur Akar, Prestasi Belajar IPAAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Ampah. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Dari hasil tes awal di peroleh skor tingkat ketercapaian 44,4%(kurang Tercapai). Agar hasil belajar siswa meningkat sesuai tujuan yang diharapkan yaitu kriteria keberhasilan murid 60 %, maka perlu dilakukan tindakan kelas melalui penggunaan media nyata dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan dan refleksi tindakan.
Setelah diberikan pembelajaran menggunakan metode demonstrasi dan media nyata dengan bantuan LKS diperoleh bahwa proses pembelajaran dan hasil akhir semua siswa telah mencapai kriteria yang telah ditentukan. Tingkat ketercapaian siswa pada siklus I adalah 56,8% (cukup tercapai) sehingga dapat dikatakan meningkat. Pada siklus II tingkat ketercapaian belajar siswa adalah 71,2% (tercapai), sehingga dapat dikatakan sudah meningkat. Pada akhir setiap siklus hasil belajar siswa mengalami peningkatan karena selama proses belajar mengajar berlangsung siswa sangat aktif dalam mengikuti pelajaran sehingga dengan mudah memahami materi yang sedang diajarkan.
Adanya peningkatan dalam setiap pertemuan membuat peneliti berkesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan metode demonstrasi dan media nyata dalam materi struktur akar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan membuat siswa menjadi senang belajar IPA.
Downloads
References
Arikunto, (2006). Metode Dokumentasi. Jakarta. Bina Aksara
Bahri, Syaiful Djamarah, (2000). Keguanaan Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta
Dimyati dan Mujiono, (2000). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta
Elizar, (1996). Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran. Jakarta. Erlangga
Hadinoto Siti Rahayu, (1973). Buletin Psikologi. Yogyakarta
Hamalik Oemar, (1994). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung. Trigunda karya.
Hamalik Oemar, (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara.
Hamzah,Z.M. (2000). Sekolah Masa Depan. Pemanfaatam Lingkungan sebagai Sumber Belajar. Buletin Pelangi Pendidikan Vol. 3 No. 2.
Ibrahim. (2003). Perencanaan Pengajaran. Jakarta. Rineka Cipta
Mira dan Agung Riadin. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Padapeserta Didik Kelas V Sds Muhammadiyah plus kabupaten Kapuas tahun Pelajaran 2014/2015. Tunas : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2:1(6:10).
Mujiono, (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineke Cipta
Poerwadarminta, (1984). Belajar dan Faktor-Faktor Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta
Purwanto, (1985). Metode Observasi. Jakarta. Angkasa Jaya
Santyasa, I Nyoman. (2000). Penilaian Tes Objektif. Bandung: IKIP Bandung.
Setyawan Dedy dan Agung Riadin. 2020. Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction (DI) Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Peserta Didik Kelas V SDN-1 Langkai Palangka Raya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan. 15:1(1-9).
Sudjana Nana & Rivani Ahmad (1989). Media Pengajaran. Bandung. Sinar Baru Bandung
Susilo Joko, (2006). Gaya Belajar Menjadi Makin Pintar. Yogyakarta .Pinus.
Usman, Basyirudin, (2002). Metode Demonstrasi dan Pembelajaran. Jakarta. Erlangga
Wardhani IGAK, dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Universitas Terbuka
Wiriaatmadja, R. (2006). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.