Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Dampak Kekerasan Seksual Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Palembang

Using Image Media To Improve The Understanding Of The Impact Of Sexual Violence In Class 1 Children Development Institutions (LPKA) Palembang

Authors

  • Siti Anisa Universitas PGRI Palembang
  • Evia Darmawani Universitas PGRI Palembang
  • Nurlela Nurlela Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v8i2.4158

Keywords:

Penggunaan Media Gambar , Kekerasan Seksual

Abstract

Kekerasan seksual merupakan suatu kejahatan yang mendapat perhatian dilingkungan masyarakat dan sering diberitakan dimedia cetak maupun media elektronik. Kekerasan seksual dapat memberikan dampak serius bagi korban yang mendapatkan perlakuan tersebut. Seperti sekedar gurauan yang bersifat seksual yang tidak diinginkan hingga tindakan yang hampir menjurus ke aktifitas seksual. Pencegahan dan pembinaan pelaku kekerasan seksual perlu diterapkan oleh pemerintah untuk mengurangi terjadinya kasus kekerasan seksual. Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) sebagai perwujudan upaya pemerintah dalam menekan dan melakukan pembinaan terhadap kekerasan seksual. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pemahaman dampak kekerasan seksual pada anak didik lapas. Jenis penelitian menggunakan metode Kuantitatif Pre-experimen tipe The One Group Pretest-postest Design. Hasil analisis data bahwa pretes kelas eksperimen didapatkan hasil bahwa yang memiliki tingkat pemahaman rendah dengan persentase yang memiliki tingkat pemahaman tinggi 98.0%, dan tingkat rendah 2%. Sedangkan dari posttes kelas eksperimen yang memiliki tingkat pemahaman tinggi 79%, peserta didik dengan tingkat sedang 19%, dan peserta didik dengan tingkat rendah 2%. Dari pretes kelas eksperimen nilai mean 65 sedangkan dari postest kelas eksperimen nilai mean 89, standar deviasi 76. Setelah melakukan analisi s data dari hasil pengumpulan data dengan soal tes, peneliti malakukan uji hipotesis menggunakan SPSS versi 26. for windows didapatkan hasil uji hipotesis adalah 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima atau penggunaan media gambar dapat meningkatkan pemahaman terhadap kekerasan seksual di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Palembang. Dengan demikian disimpulkan bahwa pemberian media gambar kepada sampel yang diteliti dapat meningkatkan tingkat pemahaman terhadap kekerasan seksual.

Kekerasan seksual merupakan suatu kejahatan yang mendapat perhatian dilingkungan masyarakat dan sering diberitakan dimedia cetak maupun media elektronik. Kekerasan seksual dapat memberikan dampak serius bagi korban yang mendapatkan perlakuan tersebut. Seperti sekedar gurauan yang bersifat seksual yang tidak diinginkan hingga tindakan yang hampir menjurus ke aktifitas seksual. Pencegahan dan pembinaan pelaku kekerasan seksual perlu diterapkan oleh pemerintah untuk mengurangi terjadinya kasus kekerasan seksual. Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) sebagai perwujudan upaya pemerintah dalam menekan dan melakukan pembinaan terhadap kekerasan seksual. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pemahaman dampak kekerasan seksual pada anak didik lapas. Jenis penelitian menggunakan metode Kuantitatif Pre-experimen tipe The One Group Pretest-postest Design. Hasil analisis data bahwa pretes kelas eksperimen didapatkan hasil bahwa yang memiliki tingkat pemahaman rendah dengan persentase yang memiliki tingkat pemahaman tinggi 98.0%, dan tingkat rendah 2%. Sedangkan dari posttes kelas eksperimen yang memiliki tingkat pemahaman tinggi 79%, peserta didik dengan tingkat sedang 19%, dan peserta didik dengan tingkat rendah 2%. Dari pretes kelas eksperimen nilai mean 65 sedangkan dari postest kelas eksperimen nilai mean 89, standar deviasi 76. Setelah melakukan analisi s data dari hasil pengumpulan data dengan soal tes, peneliti malakukan uji hipotesis menggunakan SPSS versi 26. for windows didapatkan hasil uji hipotesis adalah 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima atau penggunaan media gambar dapat meningkatkan pemahaman terhadap kekerasan seksual di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Palembang. Dengan demikian disimpulkan bahwa pemberian media gambar kepada sampel yang diteliti dapat meningkatkan tingkat pemahaman terhadap kekerasan seksual.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Siti Anisa, Universitas PGRI Palembang

Evia Darmawani, Universitas PGRI Palembang

Nurlela Nurlela, Universitas PGRI Palembang

References

Afrila, A. 2020. Efektivitas Penggunaan Media Gambar Dalam Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Di SMP Negeri 34 Pekanbaru. Skripsi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Anindya, A., Yuni, I. S, and Zahida, D. O. 2020. Dampak Psikologis dan Upaya Penanggulangan Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan. TIN: Terapan Informatika Nusantara 1(3) 137-140.

Aprinawati, I. 2018. Penggunaan model peta pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan pemahaman membaca wacana siswa Sekolah Dasar." Jurnal Basicedu 2.1 (2017): 140-147.

Arumsari, C. 2019. Gambar Sebagai Media Bimbingan Bermain dan Belajar Anak-Anak. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research 3.02 (2019): 99-103.

Afrinawati, I. 2017. Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 1 No. 1. (Diakses pada tanggal 5 Desember 2019).

Damayanti, M. C. T. A., and Heru, M. 2018. Layanan Informasi Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Sex Education Siswa." Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Th eory and Application 7.1 (2018).

Handhika, P. 2017. Hubungan Tingkat Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja dengan Sikap Seksual Pranikah di SMK Taman Siswa Nanggulan Tahun 2017. Diss. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, 2017.

Hidayat, A. 2020. Kekerasan Terhadap Anak dan Perempuan. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling 5.2 (2020): 57-66.

Karyati, F. 2017. Pengembangan Media Gambar Dalam Meningkatkan Pembelajaran Matematika." AL-ULUM: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora 3.1 (2017).

Lase, F. J. 2018. Karakteristik Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan di Kabupaten Nias. Jurnal Inada: Kajian Perempuan Indonesia di Daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar 1.1 (2018): 1-25.

Mahendradhani, G. A. A. R. 2020. Pendidikan Seks bagi Anak Sejak Dini Persfektif Gender sebagai Bentuk Kemandirian dalam Lingkungan Sosial. Sphatika: Jurnal Teologi 11.1 (2020): 97-104.

Masitoh, I, and Ade, H. 2020. Tingkat Pemahaman Orang Tua terhadap Pendidikan Seksualitas pada Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Educational Counseling 4.2 (2020): 209-214.

Nadliroh, U. 2017. Peningkatan Pemahaman Pada Mata Pelajaran IPA Materi Pesawat Sederhana Melalui Strategi Cerita Berangkai Siswa Kelas V MI Hidayatussibyan Glugu Deket Lamongan” Tahun Pelajaran 2016/2017. Diss. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Pratiwi, S. R. 2018. Peningkatan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Puasa Ramadhan melalui Model Cooperatif Learning Tipe Talking Stick di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Nadlatul Ulama Waru II Kabupaten Sidoarjo”. Diss. UIN Sunan Ampel Surabaya, 2018.

Purbararas, E. D. 2017. Problema Traumatik: Kekerasan Seksual Pada Remaja. Ijtimaiya: Journal of Social Science Teaching 2.1 (2017).

Pratiwi, M. R., and Dzuha, H. 2019. Konten media edukasi anak berbasis self concept theory.

Rakhmad, W. N. 2016. Kekerasan Terhadap Anak Dalam Kontruksi Koran Tempo. Jurnal Ilmu Sosial 15.1 (2016): 35-52.

Ratnasari, R. F., and Alias, M. 2018. Pentingnya Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini. Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam 2.2.

Sugiyono. 2018. Metode penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D

Sho'idah, M. 2020. Peningkatan Pemahaman Materi Peristiwa Menjelang dan Sesudah Pembacaan Teks Proklamasi Melalui Metode Role Paying Pada Siswa Kelas VB MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng Lamongan. Diss. UIN Sunan Ampel Surabaya, 2020.

Utami, C. D. 2018. Hubungan Antara Penggunaan Sosial Media Dengan Kestabilan Emosi Pada Remaja. Diss. Universitas 17 Agustus 1945, 2018.

Windasari, N. 2020. Karakteristik Kasus Kekerasan Seksual di Rumah Sakit Tipe A di Jawa Barat dan Sumatera Barat. Jurnal Kesehatan Andalas 9.2 (2020): 218-224.

Yuswanti, 2018. Pengunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SD PT. Lestari Tani Teladan (LTT) Kabupaten Donggala. Jurnal Kreatif Online 3.4 (2018).

Yusuf, A. M. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif & Penelitian Gabungan.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Anisa, S., Darmawani, E., & Nurlela, N. (2023). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Dampak Kekerasan Seksual Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Palembang: Using Image Media To Improve The Understanding Of The Impact Of Sexual Violence In Class 1 Children Development Institutions (LPKA) Palembang. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 67–75. https://doi.org/10.33084/suluh.v8i2.4158