ANALISIS PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI ERA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 35 PALEMBANG
Analysis Of The Implementation Of Guidance And Counseling Services In The Era Of The Covid-19 Pandemic At SMP Negeri 35 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.33084/suluh.v8i1.3757Keywords:
Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling, Pandemi Covid-19Abstract
Layanan bimbingan dan konseling mengalami transformasi yang disebabkan pandemi covid-19, hal ini memberikan tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan terutama dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti ditemukan permasalahan terkait pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di era pandemi covid-19 di SMP Negeri 35 Palembang, layanan yang sebelumnya dilakukan dengan tatap muka harus berubah menjadi secara online atau daring. Maka dari itu, masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah analisis pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di era pandemi covid-19 di SMP Negeri 35 Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di era pandemi covid-19 di SMP Negeri 35 Palembang. Metode penelitian yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi layanan bimbingan dan konseling di era pandemi covid-19 di SMP Negeri 35 Palembang telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan layanan yang diberikan sudah sesuai dengan kebutuhan peserta didik di masa pandemi covid-19, layanan diberikan secara daring. Materi yang diberikan juga sudah sesuai dengan kebutuhan peserta didik di masa pandemi covid-19.
Downloads
References
Alfan, N. (2020). Profesionalitas Konselor selama Pandemi Covid-19. Universitas Negeri Malang, 9.
Darmadi. (2013). Metode Penelitian dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Fauzi, T. (2018). Pelayanan Konseling Kelompok. Tanggerang: Tira Smart.
Gozali, A. (2020). Layanan Bimbingan dan Konseling Berbasis Teknologi Informasi Pada Masa PSBB. Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, 36-49.
Gudnanto, S. R. (2016). Pemahaman Individu Teknik Nontes. Jakarta: Kencana.
Karyanti, K., Syarif, D. F. T., & Setiawan, M. A. (2022). Cyber Counseling Berbasis Seni sebagai Penawar Gejala Trauma Dampak Pandemi Covid-19. Anterior Jurnal, 22(Special-1), 126-133. https://doi.org/10.33084/anterior.v22iSpecial-1.2768
Khotimah, S. (2022). Analisis Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Menanamkan Karakter Jujur dan Mandiri Peserta Didik pada Saat Pembelajaran Daring. Jurnal BASICEDU, 5007-5013.
Lutfiyah, M. F. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif, Tindakan Tegas & Studi Kasus. Jawa Barat: CV Jejak.
Mahaly, S. (2021). Efektivitas Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling Pribadi Oleh Guru Bimbingan Konseling. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 1-6.
Muharammah, d. (2021). Peran Layanan Bimbingan dan Konseling Sebagai Internalisasi Kemampuan Adaptasi Peserta Didik pada Era New Normal. Universitas Negeri Malang, 65-78.
Nursalim, M. (2018). Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling. Jakarta Barat: PT. Indeks.
Permana, E. J. (2021). Pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banjarnegara pada Pandemi Covid-19. Universitas Ahmad Dahlan, 2301-6167.
Prayitno, d. (2018). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Syafriana, A. &. (2019). Bimbingan dan Konseling Konsep, Teori dan Aplikasinya. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI), 50-62.
Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Kesi Pratiwi, Erfan Ramadhani, Nurlela
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.