Perencanaan Karir Siswa Dengan Layanan Bimbingan Konseling di Kelas X di SMA Negeri 2 Rejang Lebong

Students Career Planning With Counseling Guidance Services In Class X In Senior High School 2 Rejang Lebong

Authors

  • Beni Azwar Institut Agama Islam Negeri Curup
  • Syamsul Rizal Institut Agama Islam Negeri Curup
  • Maemunah Maemunah Institut Agama Islam Negeri Curup

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v8i2.4547

Keywords:

Peran Guru BK, Perencanaan Karir, Layanan Informasi

Abstract

Perencanan karir merupakan kata yang sering diungkap oleh seseorang berkaitan dengan pekerjaan agar bisa menciptakan kemandirian dalam pemilihan karir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Guru BK di SMA Negeri 2 Rejang Lebong dalam perencanaan karir siswa, dikarenakan; Pertama; siswa kelas X harus direncanakan sebaik mungkin dari awal, sehingga setelah kelas XII mereka dapat mengambil keputusan yang tepat untuk arah masa depannya, kedua; siswa kelas X masih dalam masa puberitas dengan problematika yang kompleks dan harus diarahkan untuk masa depan yang baik, dan ketiga; Siswa kela X merupakan generasi Z lebih mudah mendapatkan informasi dengan media digital dan potensi ini bisa diberdayakan untuk mendapatkan informasi terkini berkaitan dengan karir, Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Permasalahan karir yang dialami siswa diantaranya: a) kurangnya pengetahuan mengenai karir, b) kurangnya informasi mengenai perguruan tinggi, c) bingung dengan jenis karir yang dipilih. 2) Pelaksanaan layanan BK yang diberikan tidak terjadwal dalam memberikan layanan informasi kepada siswa, 3) Guru BK di SMA Negeri 2 Rejang Lebong sangat berperan dalam perencanaan karir siswa, guru BK berperan sebagai informator, motivator dan evaluator dalam memberikan berbagai informasi sehingga mereka memiliki motivasi dan dorongan untuk merencanakan karir yang lebih matang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Beni Azwar, Institut Agama Islam Negeri Curup

Syamsul Rizal, Institut Agama Islam Negeri Curup

Maemunah Maemunah, Institut Agama Islam Negeri Curup

References

Abavian, M. Program Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Peserta Didik. Bandung: UPI., 2013.

Agustin, Nurlia Santy. “Analisis Kematangan Karir Siswa Kelas XII MA Negeri 2 Kutai Kartanegara Dengan Asesmen MBTI.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 1 (2022): 4487–91.

Ayubi, M. Bintang. Bimbingan Dan Konseling Karir (Buku Ajar). Lampung: UIN Raden Intan Lampung, 2020.

Azwar, Beni. Konseling Karir. Curup: LP2 STAIN Curup, 2010.

Firdaus. “Pelaksanaan Layanan Informasi Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pekanbaru. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.” UIN Sultan Syarif Kasim. Riau, 2011.

Ghassani, M., Ni’matuzahroh, N., & Anwar, Z. “Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMP Melalui Pelatihan Perencanaan Karir.” Jurnal Intervensi Psikologi (JIP) 12, no. 2 (2020): 123–138.

Hidayat, D. R., & Prabowo, A. S. “A Career Development Program for Higher Education in Indonesia.” Jurnal Psikologi Konseling 15, no. 2 (2019): 125–29.

Hidayati, Richma. “Layanan Informasi Karir Membantu Peserta Didik Dalam Meningkatkan Pemahaman Karir.” Jurnal Konseling GUSJIGANG Vol. 1, no. 1 (2018).

Irmansyah. “Kinerja Guru Bimbingan Konseling Islam Di Sekolah.” Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam Vol. 2, no. 1 (2020).

Permana, Eko Jati. “Pelaksanaan Layanan Dan Konseling Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banjarnegara.” PSIKOPEDAGOGIA Vol. 4, no. No. 2 (2015).

Putri, Helda Yanti. “Peran Bimbingan Karir Dalam Perencanaan Karir Santri Madrasah Aliyah Swasta Di Pondok Pesantren Al-Munawwarah Pekanbaru Riau. Skripsi. Fakultas Dakwah Dan Komunikasi.” UIN Sultan Syarif Kasim. Riau, 2021.

Putri, Novia Dumewa. “Peranan Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Perencanaan Karir Siswa Kelas XI DI SMA Negeri 1 Jarai Melalui Media Pohon Karir.” Jurnal Wahana Konseling Vol. 2, no. 2 (2019).

Rinda Hayuanti. “Analisis Faktor Penghambat Pengambilan Keputusan Karir Siswa.” Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia 4, no. 2 (2019): 63–71.

Sardiman. Interaksi Dan Motivasi Belajar-Mengajar Raja. Jakarta: Grafindo Persada, 2003.

Sari, Syska Purnama, and Januar Eko Aryansah. “Analisis Penetapan Beban Kerja Guru Bk Di Kota Palembang.” Manajemen Pendidikan 15, no. 1 (2020): 12–18. https://doi.org/10.23917/jmp.v15i1.10662.

Suhertina. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Pekanbaru: Cv. Mutiara Pesisir Sumatra, 2014.

Syafaruddin. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Medan: Perdana Publishing, 2019.

Wan Mariah, Yusmami, Rizky Andana Pohan. “Analisis Tingkat Kecemasan Karir Siswa.” Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan 7, no. 2 (2020): 60–69.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Azwar, B., Rizal, S., & Maemunah, M. (2023). Perencanaan Karir Siswa Dengan Layanan Bimbingan Konseling di Kelas X di SMA Negeri 2 Rejang Lebong: Students Career Planning With Counseling Guidance Services In Class X In Senior High School 2 Rejang Lebong. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 88–95. https://doi.org/10.33084/suluh.v8i2.4547