Efektivitas Pelatihan Bercerita Dengan Menggunakan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Verbal Peserta Didik Ra Mawaddah Palangka Raya

Authors

  • Eni Lidya Sari Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Asep Solikin Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v2i2.538

Keywords:

Media Boneka Tangan, Berkomunikasi Verbal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan bercerita dengan menggunakan media boneka tangan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi verbal peserta didik kelompok B di RA Mawaddah Palangka Raya.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre eksperimental design dengan pendekatan one group pretest posttest desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelompok B yang terdiri dari 4 kelas yaitu sebanyak 67 peserta didik. Jumlah sampel sebanyak 8 peserta didik. Pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan rumus uji-T (One Sample Test) sistem penghitungan menggunakan bantuan program software SPSS (Statistick package sosial science) under windows versi 19.00.     

Hasil penelitian terdapat peserta didik yang mengalami kesulitan dalam berkomunikasi verbal ditandai kesulitan dalam menyampaikan informasi ketika berkomunikasi sehingga lawan bicara tidak memahami maksud yang disampaikannya, pelatihan bercerita dengan menggunakan media boneka tangan efektif untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi verbal pada peserta didik kelompok B terbukti dengan t tabel < dari t hitung (1,753< 24,975) yang artinya pelatihan bercerita dengan media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi peserta didik di RA Mawaddah Palangka Raya

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Eni Lidya Sari, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Asep Solikin, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Astuti, Anita Dewi, dkk. 2013. Model layanan BK Kelompok Teknik Permainan (Games) Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling. ISSN 2252-6889
Hariyanti, Desi Dwi dan Muhari. 2013. Penerapan Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII G SMP Yayasan Pendidikan 17 Surabaya. Jurnal BK Unesa. Volume 01 nomor 01.
Majid, Abdul.2014. Strategi Pembelajaran.Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Marini, Ketut, dkk. 2015. Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Anak Kelompok B3. e-Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PG-PAUD . Volume 3 No. 1
Nurrohim, Hassa dan Anatan, Lina. 2009. Efektivitas Komunikasi Dalam Organisasi. Jurnal Managemen. Vol. 7, No 4
Nursalim, Mochamad. 2013. Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Akademia Permata
Panggabean, Ance Juliet. 2013. Suatu Kajian Tentang Pengetahuan Dasar dan Kegiatan Keterampilan Seni Musik Untuk Mengembangkan Potensi Musik Anak Usia Dini. Jurnal Bimbingan dan Konseling. ISSN 0853-0203
Rosalina, Anita, dkk. 2010. Peranan Orangtua Dalam Dongeng Sebelum Tidur Untuk Optimalisasi Kemampuan Berkomunikasi Anak Usia Dini. Jurnal Psycho Idea. ISSN 1693-1076
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks
Sulianto, Joko,dkk. 2014. Media Boneka Tangan Dalam Metode Berceritera Untuk Menanamkan Karakter Positif Kepada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan. Volume 15 nomorz.
Utariani, Ni Komang, dkk. 2014. Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Boneka Jari Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak TK Kelompok A. e-Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 2 Nomor 1
Walgito, Bimo. 2010. Bimbingan + Konseling (studi & karir). Yogyakarta. CV Andi Offset

Downloads

Published

2017-04-04

How to Cite

Sari, E. L., & Solikin, A. (2017). Efektivitas Pelatihan Bercerita Dengan Menggunakan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Verbal Peserta Didik Ra Mawaddah Palangka Raya. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 26–31. https://doi.org/10.33084/suluh.v2i2.538