Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Statistika Kelas VIII MTs Islamiyah Palangka Raya

Identification Of Student Mistake In Completing The Problem Of The Story On Statistics Materials Grade VIII Mts Islamiyah Palangka Raya

Authors

  • Elyasib Y Lada Universitas Palangka Raya
  • Orbit Thomas Universitas Palangka Raya
  • Simpun Simpun Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v5i1.1187

Keywords:

Identifikasi, Soal Cerita, Statistika

Abstract

Penelitian   ini   dilakukan   karena  masih   banyak  siswa   melakukan   kesalahan   dalam menjawab soal  statistika.  Ini  terlihat  dari  hasil  evaluasi  siswa  bahwa dari  24 siswa, 14 siswa tidak mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum).  Adapun tujuan penelitian dalam penelitian  ini:  (1)  Mendeskripsikan kesalahan-kesalahan  yang dilakukan siswa  kelas  VIII MTs   Islamiyah  Palangka  Raya  dalam  menyelesaikan  soal  cerita  pada materi  statistika,  (2) Mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya kesalahan siswa kelas VIII MTs Islamiyah Palangka Raya dalam menyelesaikan soal cerita pada materi statistika. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam  penelitian  ini  adalah  siswa  kelas    VIII-C sebanyak 20 siswa.  Instrumen  yang digunakan berupa soal  tes  sebanyak 4 soal.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh adalah: kesalahan siswa  dalam menjawab soal diantaranya: (1) Kesalahan dalam memahami soal (k1).  (2)  Kesalahan  membuat   model matematika (k2).   (3)  Kesalahan melakukan perhitungan (k3). (4) Kesalahan membuat kesimpulan (k4).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Elyasib Y Lada, Universitas Palangka Raya

Orbit Thomas, Universitas Palangka Raya

Simpun Simpun, Universitas Palangka Raya

References

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan: Metode Dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Rosdakarya Offset.
Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Dimyati & Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamarah, S.B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gunawan, I. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Hadi, S. (2004). Statistik jilid 1. Yogyakarta: ANDI.
Hasan, I. (2013). Pokok-Pokok Materi Statistik 1. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Irianto, A. (2014). Statistik: Konsep Dasar, Aplikasi dan Pengembangannya. Jakarta: Kencana.
Putri, O. (2016). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 1 Sepang. Skripsi Sarjana: Universitas Palangka Raya.
Riduwan, (2010). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Simbolon, H. (2013). Statistika. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sodiq, A. (2016). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Varibel Pada Siswa Kelas VIII MTS Islamiyah Palangka Raya. Skripsi Universitas Palangka Raya. Tidak diterbitkan.
Sugiyono, (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2019-12-27

How to Cite

Y Lada, E., Thomas, O., & Simpun, S. (2019). Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Statistika Kelas VIII MTs Islamiyah Palangka Raya: Identification Of Student Mistake In Completing The Problem Of The Story On Statistics Materials Grade VIII Mts Islamiyah Palangka Raya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 29–35. https://doi.org/10.33084/tunas.v5i1.1187