Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Statistika Kelas VIII MTs Islamiyah Palangka Raya
Identification Of Student Mistake In Completing The Problem Of The Story On Statistics Materials Grade VIII Mts Islamiyah Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v5i1.1187Keywords:
Identifikasi, Soal Cerita, StatistikaAbstract
Penelitian ini dilakukan karena masih banyak siswa melakukan kesalahan dalam menjawab soal statistika. Ini terlihat dari hasil evaluasi siswa bahwa dari 24 siswa, 14 siswa tidak mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Adapun tujuan penelitian dalam penelitian ini: (1) Mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII MTs Islamiyah Palangka Raya dalam menyelesaikan soal cerita pada materi statistika, (2) Mendeskripsikan faktor penyebab terjadinya kesalahan siswa kelas VIII MTs Islamiyah Palangka Raya dalam menyelesaikan soal cerita pada materi statistika. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C sebanyak 20 siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal tes sebanyak 4 soal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh adalah: kesalahan siswa dalam menjawab soal diantaranya: (1) Kesalahan dalam memahami soal (k1). (2) Kesalahan membuat model matematika (k2). (3) Kesalahan melakukan perhitungan (k3). (4) Kesalahan membuat kesimpulan (k4).
Downloads
References
Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan: Metode Dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Rosdakarya Offset.
Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Dimyati & Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamarah, S.B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gunawan, I. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Hadi, S. (2004). Statistik jilid 1. Yogyakarta: ANDI.
Hasan, I. (2013). Pokok-Pokok Materi Statistik 1. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Irianto, A. (2014). Statistik: Konsep Dasar, Aplikasi dan Pengembangannya. Jakarta: Kencana.
Putri, O. (2016). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 1 Sepang. Skripsi Sarjana: Universitas Palangka Raya.
Riduwan, (2010). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Simbolon, H. (2013). Statistika. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sodiq, A. (2016). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Varibel Pada Siswa Kelas VIII MTS Islamiyah Palangka Raya. Skripsi Universitas Palangka Raya. Tidak diterbitkan.
Sugiyono, (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License