Implementasi Lesson Study Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru

Implementation Of Lesson Study In Improving Teacher Professionalism

Authors

  • Norhanah Norhanah SMPN 5 DUSUN SELATAN

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3691

Keywords:

Profesionalisme Guru, Lesson Study

Abstract

Lesson  study  sebagai  salah  satu  program  kegiatan  untuk  meningkatkan kompetensi guru dan kualitas pembelajaran dapat dikembangkan di sekolah sebagai studi untuk analisis atas suatu praktik pembelajaran yang dilaksanakan dalam bentuk pembelajaran berbasis riset untuk menemukan inovasi pembelajaran tertentu.

             Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah guru SMPN 5 Dusun Selatan Barito Selatan yang berjumlah 16 guru PNS. Namun karena keterbatasan waktu dan tenaga, maka diambil 10 orang sebagai sampel. Sedangkan waktu pelaksanaan penelitian tindakan sekolah ini dilakukan pada Januari sampai dengan Juni 2021 selama 2 siklus yang mana masing-masing siklus dilaksanakan dua kali pertemuan.

Hasil penelitian, penulis dapat membuat suatu kesimpulan sebagai berikut : Pelaksanaan Lesson Study di SMPN 5 Dusun Selatan Barito Selatan pada awalnya menemui hambatan yang cukup berarti. Namun setelah dilaksanakan refleksi dapat berjalan secara baik dan efektif.  Profesionalisme guru SMPN 5 Dusun Selatan Barito Selatan semakin baik, setelah dilaksanakan lesson study. Berdasarkan hasil siklus I, nilai rata-rata lesson study sejumlah 2,84 kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 3,15. Dengan demikian pelaksanaan Lesson Study dapat meningkatkan profesionalisme guru SMPN 5 Dusun Selatan Barito Selatan. 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Norhanah Norhanah, SMPN 5 DUSUN SELATAN

References

Arikunto, Suharsimi., Suhardjono, dan Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.
Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Yrama Widya.
Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan. 2006. Kumpulan Makalah Pelatihan Lesson Study bagi Guru Berprestasi dan Pengurus MGMP MIPA SMP Seluruh Indonesia, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Fernandez, Clea and Yoshida, Makoto. (2004). Lesson Study : A Japanese Approach to Improving Mathematics Teaching and Learning. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.
Harjanto. (2003) Perencanaan Pengajaran, Rineka Cipta, Jakarta.
Misyanto, M., Riadin, A., & Usop, D. S. (2019). Pelatihan Teknik Permainan Konsentrasi pada Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Pahandut Palangka Raya. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 130-134. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v4i2.912
Pidarta, Made. (2000) Landasan Kependidikan , Rineka Cipta, Jakarta.
Rahmawati, D. L., Misyanto, M., & Riadin, A. (2017). Pelatihan Guru Profesional bagi Guru SD/MI di Palangka Raya. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 71-78. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v2i2.55
Saito, E., Imansyah, H. dan Ibrohim. 2005. Penerapan Studi Pembelajaran di Indonesia: Studi Kasus dari IMSTEP. Jurnal Pendidikan “Mimbar Pendidikan”, No.3. Th. XXIV: 24-32.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sulastriningsih Djumingin. 2016. Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Lesson Study, Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar, Makassar.
Takashi A. (2006). Implementing lesson study in North American schools and school (makalah yang dipresentasikan padaseminar “APEC International Symposium on Innovation and Good Practice for Teaching and Learning Mathematics through Lesson Study”, 14-17 Juni 2006). Thailand: Khon Kaen University.
Tjipto Subadi. 2007. Lesson Study. Berbasis PTK, Balai Penerbitan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.
Uno, Hamzah B. (2007) Profesi Kependidikan Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia, Rineka Cipta, Jakarta.
Usman, Moh. Uzer. (2003) Menajdi Guru Profesional, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Norhanah, N. (2022). Implementasi Lesson Study Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru: Implementation Of Lesson Study In Improving Teacher Professionalism. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 117–125. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3691