Implementasi Lesson Study Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru
Implementation Of Lesson Study In Improving Teacher Professionalism
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3691Keywords:
Profesionalisme Guru, Lesson StudyAbstract
Lesson study sebagai salah satu program kegiatan untuk meningkatkan kompetensi guru dan kualitas pembelajaran dapat dikembangkan di sekolah sebagai studi untuk analisis atas suatu praktik pembelajaran yang dilaksanakan dalam bentuk pembelajaran berbasis riset untuk menemukan inovasi pembelajaran tertentu.
Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah guru SMPN 5 Dusun Selatan Barito Selatan yang berjumlah 16 guru PNS. Namun karena keterbatasan waktu dan tenaga, maka diambil 10 orang sebagai sampel. Sedangkan waktu pelaksanaan penelitian tindakan sekolah ini dilakukan pada Januari sampai dengan Juni 2021 selama 2 siklus yang mana masing-masing siklus dilaksanakan dua kali pertemuan.
Hasil penelitian, penulis dapat membuat suatu kesimpulan sebagai berikut : Pelaksanaan Lesson Study di SMPN 5 Dusun Selatan Barito Selatan pada awalnya menemui hambatan yang cukup berarti. Namun setelah dilaksanakan refleksi dapat berjalan secara baik dan efektif. Profesionalisme guru SMPN 5 Dusun Selatan Barito Selatan semakin baik, setelah dilaksanakan lesson study. Berdasarkan hasil siklus I, nilai rata-rata lesson study sejumlah 2,84 kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 3,15. Dengan demikian pelaksanaan Lesson Study dapat meningkatkan profesionalisme guru SMPN 5 Dusun Selatan Barito Selatan.
Downloads
References
Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Yrama Widya.
Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan. 2006. Kumpulan Makalah Pelatihan Lesson Study bagi Guru Berprestasi dan Pengurus MGMP MIPA SMP Seluruh Indonesia, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Fernandez, Clea and Yoshida, Makoto. (2004). Lesson Study : A Japanese Approach to Improving Mathematics Teaching and Learning. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.
Harjanto. (2003) Perencanaan Pengajaran, Rineka Cipta, Jakarta.
Misyanto, M., Riadin, A., & Usop, D. S. (2019). Pelatihan Teknik Permainan Konsentrasi pada Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Pahandut Palangka Raya. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 130-134. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v4i2.912
Pidarta, Made. (2000) Landasan Kependidikan , Rineka Cipta, Jakarta.
Rahmawati, D. L., Misyanto, M., & Riadin, A. (2017). Pelatihan Guru Profesional bagi Guru SD/MI di Palangka Raya. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 71-78. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v2i2.55
Saito, E., Imansyah, H. dan Ibrohim. 2005. Penerapan Studi Pembelajaran di Indonesia: Studi Kasus dari IMSTEP. Jurnal Pendidikan “Mimbar Pendidikan”, No.3. Th. XXIV: 24-32.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sulastriningsih Djumingin. 2016. Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Lesson Study, Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar, Makassar.
Takashi A. (2006). Implementing lesson study in North American schools and school (makalah yang dipresentasikan padaseminar “APEC International Symposium on Innovation and Good Practice for Teaching and Learning Mathematics through Lesson Study”, 14-17 Juni 2006). Thailand: Khon Kaen University.
Tjipto Subadi. 2007. Lesson Study. Berbasis PTK, Balai Penerbitan Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.
Uno, Hamzah B. (2007) Profesi Kependidikan Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia, Rineka Cipta, Jakarta.
Usman, Moh. Uzer. (2003) Menajdi Guru Profesional, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License