Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dengan Berbantuan Media Gambar Kelas Iv Sd Muhammadiyah Pahandut Palangka Raya Tahun Pelajaran 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v4i2.906Keywords:
Hasil Belajar, IPS, Student Teams Achievement Division, Media GambarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Pahandut Palangka Raya pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan berbantuan Media Gambar, (2) Untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan berbantuan Media Gambar pada peserta didik kelas IV di SD Muhammadiyah Pahandut Palangkaraya.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berusaha memecahkan atau menjawab permasalahan yang dihadapi pada situasi sekarang. Subjek dalam penelitian ini adalah terdiri dari 25 orang peserta didik, 10 orang laki-laki dan 15 orang perampuan. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Sedangkan dalam penelitian ini mengunakan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Aktivitas belajar IPS peserta didik menjadi baik selama mengikuti proses pembelajaran dengan mengunakan model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan berbantuan Media gambar. (2) Adanya peningkatan hasil belajar IPS peserta didik selama mengikuti pembelajaran dengan mengunakan model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Media gambar.
Downloads
References
Jennah, Rodihatul. (2009). Media Pembelajaran. Banjarmasin Antasari : Press.
Cecep Kusnandi, Bambang Sojtipto. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia
Arifin, Zaina.(2012) Penelitian Pendidikan Metode Dan Paradigm Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License