Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SDN - 2 Kasongan Baru Dengan Metode Demonstrasi Berbantuan Dengan Model Mind Mapping Tahun Pelajaran 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v4i2.910Keywords:
Hasil Belajar, IPA, Metode Demonstrasi, Model Mind MappingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan aktivitas belajar IPA peserta didik kelas V SDN - 2 Kasongan Baru dengan menggunakan metode Demonstrasi berbantuan dengan model Mind Mapping . (2) meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas V SDN - 2 Kasongan Baru Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan dengan menggunakan metode Demonstrasi berbantuan dengan model Mind Mapping.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN – 2 Kasongan Baru yang berjumlah 12 orang peserta didik yang terdiri dari 7 orang peserta didik laki-laki dan 5 orang peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi, analisis data secara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) aktivitas belajar peserta didik dengan penerapan metode Demonstrasi berbantuan dengan model Mind Mapping menjadi baik.Hal ini sesuai dengan keaktifan dan semangat peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran dan dibuktikan dengan hasil observasi pada siklus I aktivitas peserta didik memperoleh skor 3,8 yang termasuk kedalam kategori baik. (2) ada peningkatan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas V SDN- 2 Kasongan Baru dengan penerapan metode Demonstrasi berbantuan dengan model Mind Mapping. Dibuktikan dari data pra tindakan atau pre test nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik adalah 40 dengan ketuntasan belajar klasikal 16% sedangkan pada siklus I (post test)memperoleh nilai rata-rata 92 dan nilai ketuntasan klasikal mencapai 100%.
Downloads
References
Creswell, John.W. (2012). Research Design, Qualitative, Quantitatrive, and Mixed Methods Approaches, International Student Edition. Los Angeles : SAGE.
Kardiawarman. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Penelitian.
Kunandar, (2011), Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Rajawali Pers.
Tu’u, (2014), Peran Displin Pada Perilaku dan Prestasi Peserta Didik, Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License