Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Explicit Instruction Dan Course Review Horay Berbantu Media Manipulatif pada Peserta Didik Kelas V B Di SDN-3 Langkai Palangkaraya Tahun Pelajaran 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.33084/tunas.v4i2.911Keywords:
Hasil Belajar, Matematika, Model Explicit Instruction, Model Course Review Horay, Media ManipulatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan aktivitas belajar Matematika dengan menggunakan model Model Explicit Instruction dan Course Review Horay berbantu media manipulatif. (2) Meningkatan hasil belajar Matematika dengan menggunakan model model Explicit Instruction dan Course Review Horay berbantu media manipulatif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V B berjumlah 27 peserta didik, terdiri dari 15 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan model Explicit Instruction dan Course Review Horay berbantu media manipulatif pada peserta didik menjadi meningkat, nilai rata-rata siklus I adalah 2,87 dengan kriteria kurang baik dan siklus II nilai rata-rata 3,32 dengan kriteria baik. (2) Ada peningkatan hasil belajar Matematika dengan menggunakan model Explicit Instruction dan Course Review Horay berbantu media manipulatif pada peserta didik kelas. Nilai rata-rata pre test yaitu 44 dengan ketuntasan klasikal 25%, siklus I nilai rata-rata 63 dengan ketuntasan klasikal 51,85%, dan pada siklus II nilai rata-rata 79 dengan ketuntasan klasikal 92,59%.
Downloads
References
Agus Suprijono. 2015. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Aris Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Azhar Arsyad. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Fatimah. 2009. Fun Math: Matematika Asyik Dengan Metode Pembelajaran. Bandung: Mizan Pustaka.
Suharsimi Arikunto. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Makmun Khairani. 2014. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Paizaluddin dan Ermalinda. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.
Richard Arends. 208. Learning to Teach. Penerjemah: Helly Prajitno & Sri Mulyantini. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Emzir.2014. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitaf. Jakarta: PT. Rjagrafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Any article on the copyright is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share work with an acknowledgment of the work authors and initial publications in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of published articles of work (eg, post-institutional repository) or publish it in a book, with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License