Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Explicit Instruction Dan Course Review Horay Berbantu Media Manipulatif pada Peserta Didik Kelas V B Di SDN-3 Langkai Palangkaraya Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Desi Dwi Mariana Putri Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Arif Supriyadi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v4i2.911

Keywords:

Hasil Belajar, Matematika, Model Explicit Instruction, Model Course Review Horay, Media Manipulatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan aktivitas belajar Matematika dengan menggunakan model Model Explicit Instruction dan Course Review Horay berbantu media manipulatif. (2) Meningkatan hasil belajar Matematika dengan menggunakan  model model Explicit Instruction dan Course Review Horay  berbantu media manipulatif.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V B berjumlah 27 peserta didik, terdiri dari 15 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan model Explicit Instruction dan Course Review Horay berbantu media manipulatif pada peserta didik menjadi meningkat, nilai rata-rata siklus I adalah 2,87 dengan kriteria kurang baik dan siklus II nilai rata-rata 3,32 dengan kriteria baik. (2) Ada peningkatan hasil belajar Matematika dengan menggunakan model Explicit Instruction dan Course Review Horay berbantu media manipulatif pada peserta didik kelas. Nilai rata-rata pre test yaitu 44 dengan ketuntasan klasikal 25%, siklus I nilai rata-rata 63 dengan ketuntasan klasikal 51,85%, dan pada siklus II nilai rata-rata 79 dengan ketuntasan klasikal 92,59%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Desi Dwi Mariana Putri, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Arif Supriyadi, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Abdul Majid. 2013. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Agus Suprijono. 2015. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Aris Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Azhar Arsyad. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Fatimah. 2009. Fun Math: Matematika Asyik Dengan Metode Pembelajaran. Bandung: Mizan Pustaka.
Suharsimi Arikunto. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Makmun Khairani. 2014. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Paizaluddin dan Ermalinda. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.
Richard Arends. 208. Learning to Teach. Penerjemah: Helly Prajitno & Sri Mulyantini. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Emzir.2014. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitaf. Jakarta: PT. Rjagrafindo Persada.

Downloads

Published

2019-08-13

How to Cite

Putri, D. D. M., & Supriyadi, A. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Explicit Instruction Dan Course Review Horay Berbantu Media Manipulatif pada Peserta Didik Kelas V B Di SDN-3 Langkai Palangkaraya Tahun Pelajaran 2017/2018. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 62–69. https://doi.org/10.33084/tunas.v4i2.911