Meningkatkan Kemampuan Guru-Guru SMPN 8 Dusun Selatan Dalam Penyusunan SKP Melalui Workshop

Improving The Capabilities Of Smpn 8 Dusun Selatan Teachers In Developing SKP Through Workshops

Authors

  • Suryadi Suryadi SMPN 8 Dusun Selatan

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v7i2.3566

Keywords:

Workshop, Penyusunan SKP

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi guru-guru SMPN 8 Dusun Selatan dalam penyusunan SKP. Hasil penelitian diharapkan bermanfaat bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Manfaat bagi guru dapat meningkatkan kompetensi dan kinerjanya, bagi kepala sekolah dapat mempermudah dalam melakukan pembinaan kinerja guru binaannya, dan bagi pengawas dapat memberikan alternatif strategi pembinaan terhadap guru dan menginspirasi kepala sekolah lain untuk melakukan kegiatan sejenis di sekolahnya masing-masing.

Subyek penelitian adalah seluruh guru PNS yang bertugas di SMPN 8 Dusun Selatan, yang berjumlah 15 orang. Kegiatan penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I terdiri dari: (1) persiapan, (2) rapat koordinasi, (3) workshop I, (4) pelaksanaan tugas menyusun SKP secara berpasangan . Sedang kegiatan pada siklus II terdiri dari: (1) workshop II, (2) pelaksanaan tugas menyusun SKP secara individu, (3) refleksi. Selanjutnya hasil-hasil penelitian dianalisis sebagai bahan menyusun laporan.

Hasil-hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan kemampuan guru dalam penyusunan SKP. Dari dua siklus penelitian yang telah dilaksanakan, nilai rata-rata hasil tes awal sebesar 54,33 meningkat menjadi 82,67 pada tes akhir. Sedang berdasarkan hasil kerja guru dalam penyusunan SKP pada siklus I yaitu 20% kategori kurang dan 80% cukup. Sedang pada siklus II: 13,3% cukup, 66,7% baik, dan 20% SKP berkategori sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Suryadi Suryadi, SMPN 8 Dusun Selatan

References

Alfonso, Firth, dan Neville. 1981. Instructional Supervision A Behavior System. Boston: Allyn and Bacon, Inc.
Ditjen PMPTK. 2009. Pedoman Pelaksanaan Tugas Guru dan Pengawas. Jakarta: Depdiknas.
Gunawan Asep, Chandra Anugrah Putra dan Muhammad Andi Setiawan. 2020. Implementasi Media Pembelajaran Video Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Peserta Didik Kelas X Multimedia Di Smk Karsa Mulya Palangka Raya. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan. 13:1 (124-127).
Kunandar, 2010. Guru Profesional (edisi Revisi). Jakarta: Rajawali Pers.
Misyanto, Agung Riadin dan Dwi Sari Usop. 2019. Pelatihan Teknik Permainan Konsentrasi pada Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Pahandut Palangka Raya. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. 4:2(130-134).
Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru. Jakarta: Depdiknas.
Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan. 2011. Buku Kerja Pengawas Sekolah. Jakarta: Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kemendiknas.
Yudha Adrian, Fathul Zannah, Ria Mayasari. 2021. Workshop Pemanfaatan Konten Lokal Dan Muatan Lokal Dalam Pembelajaran Berbasis E-Learning Bagi Guru Di Sdn Keraton 1 Martapura. Batuah: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 1:1(10:15).

Downloads

Published

2022-05-23

How to Cite

Suryadi, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Guru-Guru SMPN 8 Dusun Selatan Dalam Penyusunan SKP Melalui Workshop: Improving The Capabilities Of Smpn 8 Dusun Selatan Teachers In Developing SKP Through Workshops. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 86–91. https://doi.org/10.33084/neraca.v7i2.3566