Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Pecahan Melalui Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Siswa

Increasing The Ability Of Summary Of Fractions Through Images Media On Students' Learning Outcomes And Thinking Ability

Authors

  • Marajaki Marajaki SDN 2 TEWANG RANGKANG

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v7i2.3568

Keywords:

Bilangan Pecahan, Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Meningkatkan kemampuan siswa dalam penjumahan bilangan pecahan biasa dengan pecahan biasa, menggunakan media gambar pecahan biasa dan gambar pecahan campuran Asam, 2) Meningkatkan kemampuan siswa dalam  penjumahan bilangan pecahan campuran dengan pecahan biasa, menggunakan media gambar pecahan biasa dan gambar pecahan campuran Asam, 3) Meningkatkan kemampuan siswa dalam penjumahan bilangan pecahan campuran dengan pecahan campur, menggunakan media gambar pecahan biasa dan gambar pecahan campuran Asam.

Hasil penelitian Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Pecahan dengan Menggunakan Media Gambar pecahan biasa dan gambar pecahan campuran Asam  pada Siswa Kelas V  Tewang Rangkang, ini terlihat dari hasil peningkatan 1) Kemampuan siswa dalam menjumlahkan bilangan pecahan biasa dengan pecahan biasa pada penilaian/evaluasi pratindakan  nilai rata-rata kelas 54. Sedangkan pada hasil penilaian/evaluasi siklus I nilai rata-rata kelas 57,25 dan hasil penilaian/evaluasi siklus II nilai rata-rata kelas 67,5 2) Kemampuan siswa dalam menjumlahkan bilangan pecahan biasa dengan pecahan campuran pada penilaian/evaluasi pratindakan nilai rata-rata kelas 43. Sedangkan pada hasil penilaian/evaluasi siklus I nilai rata-rata kelas 48,5 dan hasil penilaian/evaluasi siklus II nilai rata-rata kelas 67, 3) Kemampuan siswa dalam menjumlahkan bilangan pecahan campuran dengan pecahan campuran pada penilaian/evaluasi pratindakan nilai rata-rata kelas 39. Sedangkan pada hasil penilaian/evaluasi siklus I nilai rata-rata kelas 46,75 dan hasil penilaian/evaluasi siklus II nilai rata-rata kelas 63,75. Presentase peningkatan hasil penelitian dari penilaian/evaluasi pratindakan ke siklus I pada penjumlahan bilangan pecahan campuran dengan pecahan campuran adalah 38,75%. Presentase peningkatan hasil penelitian dari siklus I ke siklus II pada penjumlahan bilangan pecahan campuran dengan pecahan campuran adalah 85%

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Marajaki Marajaki, SDN 2 TEWANG RANGKANG

References

Arikunto, S (2007). Dasar -dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Arsyad. A. 2007. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Azizah Febriani dan Dedy Setyawan. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika menggunakan Model Make a Match dengan Berbantuan Media Flip Chart Kelas IV SDN-2 Kasongan Baru. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 3:2(1-8).
Fleming, 2007. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Gerlach dan Ely, 2009. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Hamalik, 2005. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Hamalik, Oemar. 2009. Media Pendidikan. Bandung: Alumni.
Heinik, dkk, 2004. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Osman, Osdirwan, 2008. Buku Pintar Matematika. Jakarta. Media Pusindo
Sadiman. S. A. 2005. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Subandijah, (2005). Pengembangan dan Inovasi Kurikulum. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Susilo. Joko (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Pustaka Belajar.
Sutomo. (2004). Teknik Penilaian Pendidikan. Mojokerto : PT Bina Ilmu.

Downloads

Published

2022-05-23

How to Cite

Marajaki, M. (2022). Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Pecahan Melalui Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Siswa: Increasing The Ability Of Summary Of Fractions Through Images Media On Students’ Learning Outcomes And Thinking Ability. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 105–111. https://doi.org/10.33084/neraca.v7i2.3568