Pengaruh Media Flashcard Terhadap Perbendaharaan Kata Peserta Didik Kelas I Sdn 8 Menteng

The Influence Of Flashcard Media On The Vocabulary Of Class I Students Of Sdn 8 Menteng

  • Susilawati Susilawati SDN 8 MENTENG
Keywords: Pengaruh Media Flashcard, Perbendaharaan Kata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan keefektifan media flashcard dalam meningkatkan kosakata peserta didik kelas I mengetahui seberapa besar tingkat partisipasi siswa saat pengaplikasian media flashcard dalam meningkatkan kosakata peserta didik kelas I di SDN 8 Menteng.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah classroom action research. Penelitian ini adalah penelitian tindakan yang dilakukan di kelas dengan tujuan memperbaiki atau meningkatkan mutu praktik pembelajaran. Penelitian rindakan kelas ini memiliki 3 siklus, melibatkan kolaborator dalam hal ini yaitu kepala Sekolah sebagai observer dan berefleksi yang dijadikan sebagai acuan untuk siklus selanjutnya.

Media flashcard sangat efektif untuk peningkatan perbendaharaan kosakata peserta didik kelas I di SDN 8 Menteng, Kel.Menteng, Kec.Jekan Raya, Kota Palangka Raya.Hal ini dibuktikan oleh tingkat ketercapaian KKM peserta didik. Saat sebelum teknik ini diterapkan, jumlah siswa yang mencapai KKM (=70) hanya 15%. Namun, setelah teknik ini diterapkan hingga 3 siklus, jumlah siswa yang mencapai KKM mencapai 100%. Bukan hanya itu, jika dilihat dari interval nilai yang didapatkan siswa, terjadi perubahan signifikan pula pada aspek ini. Sebelum kedua teknik ini diterapkan, interval nilai siswa hanya berkisar pada kategori cukup (C = 75 – 83). Namun, setelah media flashcard diterapkan, interval nilai siswa yang mencapai KKM berkisar pada kategori baik (B) dan sangat baik (A). Lebih lanjut, siswa yang mendapat predikat B sebanyak 38% dan siswa yang mendapat predikat A sebanyak 47% dan pada siklus III mencapai 100%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Susilawati Susilawati, SDN 8 MENTENG

References

Abbas, Salaeh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.
Akhadiah, Sabarti, dkk. 1993a. Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
California: Addison Wesley Publishing Company.
Goouch, Kathy dan Andrew Lambirt. 2013. Teaching Early Reading and Phonics: Creative Approaches to Early Literacy. Los Angeles, London, New Delhi, Singapore, Wahington DC: SAGE Publication.
Ina. 2019. “Metode Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)”.
Indrayani, Avivtin Oktavi. 2016. “Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Flash Card Siswa Kelas I SDN Surokarsan 2 Yogyakarta” Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta. Diva Press.
Istanto, Budi. 2014. “Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Kartu Kata pada Siswa Kelas I SDN 1 Pandeyan Jatinom Klaten”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2(III).
Khoiriyah, Siti Ainun. 2018. “Pemanfaatan Media Flashcard untuk Meningkatkan
Muchlisoh. 1992. Pendidikan Bahasa Indonesia 3. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Penguasaan Mufdarat Siswa Kelas VII A MtsN Ngemplak Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013” Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Depok: Universitas Islam Negeri Sunankalijaga.
Reutzel, D. Ray dan Robert B. Cooter. 2012. Teaching Children to Read: The Teacher Makes the Difference, Sixth Edition. California: Pearson Education Limited.
Satriana, Ade. 2013. “Meningkatkan Kemampuan Lambang Bilangan 1 sampai 5 melalui Media Flash Card bagi Siswa Tunagrahita Sedang”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus 1(II). Hlm. 15 http://ejournal.unp.ac.id/index.php/ jupekhu (diakses 7 Oktober 2019).
Sekarini, Wining. 2013. “Penggunaan Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Muhammadiyah 01 Sukarame” Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Depok: Universitas Islam Negeri Sunankalijaga
Setiyadi, Bambang Ag., 2006. Metode Penelitian untuk Pengajaran Bahasa Asing Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.
Smith, Richard J. dan Dale D. Johnson. 1980. Teaching Children to Read.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Published
2021-12-29
How to Cite
Susilawati, S. (2021). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Perbendaharaan Kata Peserta Didik Kelas I Sdn 8 Menteng. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 73-81. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i1.3057