Komunikasi Non Verbal Guru Terhadap Siswa Tuna Netra

Nonverbal Communication of Teachers to Blind/Visually Impaired Students

Authors

  • Arina Rubyasih Universitas Terbuka, Bogor, Jawa Barat, Indonesia
  • Enang Yusuf Nurjaman IAIN, Ternate, Maluku Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v20i1.1587

Keywords:

Komunikasi Pendidikan, Komunikasi Nonverbal, Siswa Tuna Netra

Abstract

Penelitian ini berusaha menggali informasi mengenai komunikasi yang khas yang terjadi pada proses pembelajaran di SLBN A Kota Bandung, sebagai sekolah tertua yang menyelenggarakan pendidikan bagi siswa tuna netra, menarik untuk menggali komunikasi non verbal khas pembelajaran siswa tuna netra. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, sementara Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi dokumen. Berdasarkan hasil penelitian maka komunikasi non verbal yang dominan muncul adalah haptic atau sentuhan tangan dengan berbagai jenis dan tujuan, paralinguistic dengan berbagai macam makna baik oleh guru maupun siswa, kemudian proksemik dengan penggunaan ruang pribadi pada proses pembelajaran, kemudian ekspresi wajah yang siswa yang dimaknai oleh guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Arina Rubyasih, Universitas Terbuka, Bogor, Jawa Barat, Indonesia

Enang Yusuf Nurjaman, IAIN, Ternate, Maluku Utara, Indonesia

References

Aji Zul Hakim, Hany Hafiar, Lilis Puspitasari. 2007. Atkinson, P. 1992. Personal Branding OfHome Schooling Teacher,PengalamanKomunikasi Guru Home Schooling. JurnalEdutech. Volume 16. No 2Understanding Ethnographic Texts. Thousand Oaks CA: Sage.
Alfan Roziqi, Dinara Maya Julijanti. 2015.Komunikasi Non Verbal Guru Pada Murid Tunarungu SekolahDasarLuarBiasa Negeri Desa Keleyan Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan.JurnalKomunikasiUniversitas Trunojoyo Madura. Volume IX.Nomor 02.
Creswell, John W. 1998. Qualitative In-quiry And Research Design: Choos-ing Among Five Traditions. Lon-don: SAGE Publications.
Denzin, Norman K. and Lincoln, Yvonna S.2009. Handbook of Qualitative Research.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Enang Yusuf Nurjaman. 2018. Komunikasi Siswa Berkebutuhan Khusus di Ruang Kelas. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi Volume VIII No. 2.
Hasibuan, JJ dan Moerdiono. 2002. Pros-es Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Karya.
Kuswarno, Engkus. 2009. Metodologi Penelitian Komunikasi Fenome-nologi,Konsepsi, Pedoman, dan Contoh Penelitiannya. Bandung: Widya Padjadjaran.
Mulyana, Deddy. 2003. Komunikasi Antar Budaya. Bandung: Remaja Rosda Karya
Mulyana, Deddy. 2008. Ilmu KomunikasiSuatu Pengantar. Bandung: PT. RemajaRosdakarya
Rakhmat, Jalaluddin.2005.Psikologi Komunikasi. Bandung:PT.RemajaRosdakarya.
Sendjaja, Djuarsa. 2004. Pengantar IlmuKomunikasi. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.

Downloads

Published

2020-12-07

How to Cite

Rubyasih, A., & Nurjaman, E. Y. (2020). Komunikasi Non Verbal Guru Terhadap Siswa Tuna Netra: Nonverbal Communication of Teachers to Blind/Visually Impaired Students. Anterior Jurnal, 20(1), 71–77. https://doi.org/10.33084/anterior.v20i1.1587

Most read articles by the same author(s)