MODEL KETERAMPILAN LITERASI DIGITAL MEDIA SOSIAL PADA APARATUR DESA DAN KELOMPOK MASYARAKAT INFORMASI KABUPATEN BANDUNG
DIGITAL LITERACY SKILL MODEL IN VILLAGE APPARATUS AND COMMUNITY GROUP IN BANDUNG DISTRICT
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v22iSpecial-1.5058Keywords:
literasi, digital, media sosial, informasi desa, keterampilanAbstract
Desa Ciburial Kecamatan Cimeyan Kabupaten Bandung merupakan salah satu desa yang mendapatkan predikat desa digital serta desa wisata. Pemberian predikat desa digital tersebut tidak terlepas dari pencapaian Desa Ciburial yang mampu mengelola media digital dalam bentuk website hingga media sosial. Namun kompetensi yang dimiliki belum selaras dengan keahlian dan keterampilan digital dalam pengelolaan konten media sosial. Tujuan penelitian untuk mengeksplorasi dan membuat model penerapan kompetensi dan keterampilan literasi digital yang dimiliki aparatur pemerintah Desa Ciburial dari aspek keterampilan digital komunikasi, digital kreasi konten, dan strategi digital. Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi non partisipan, wawancara mendalam dan focus group discussion, studi literatur buku, jurnal serta pencarian internet. Analisa data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman serta triangulasi data dilakukan dengan triangualasi data, sumber dan waktu sebagai teknik keabsahan data. Keterampilan digital komunikasi terdiri dari keterampilan menggunakan perangkat keras teknologi informasi dan komunikasi, perangkat lunak, internet, media sosial, netiket, dan menyajikan berita sebagai solusi keresahan di masyarakat. Keterampilan digital kreasi konten terdiri dari penerapan 5W+1H pada konten, meriset lapangan untuk konten, penguasaan kerja tim, menguasai teknik dasar pembuatan konten, keterlibatan followers sebagai sumber referensi informasi. Keterampilan strategi digital adalah membuka ruang komunikasi, mengembangkan konten multiplatform, promosi desa, dan konten komersial.
Downloads
References
Cahyani, I. P. (2020). MEMBANGUN ENGAGEMENT MELALUI PLATFORM DIGITAL (STUDI KASUS FLIP SEBAGAI START-UP FINTECH). Ekspresi dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 3 No. 2 Juli, 76-87.
Daymon, C., & Holloway, I. (2011). Qualitative Research Method in Public Relations and Marketing Communication (2nd Edition). London: Routledge.
Denzin, K. N., & Lincoln , Y. S. (2009). Handbook of Qualitative Research. Terj Dariyanto, dkk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Deursen, A. V. (2010). Internet skills vital assets in an information society. Enschede: University of Twente.
Deursen, A. V., Helsper, J. E., & Eynon, R. (2014). Retrieved from Measuring Digital Skills. From Digital Skills to Tangible Outcomes project report: www.oii.ox.ac.uk/research/projects/?id=112.
Development, B. C. (2017). Working Group on Education: Digital skills for life and work. Retrieved from https://broadbandcommission.org/ Documents/publications/WG-Education-Report2017.pdf
Hecker, I., & Loprest, P. (2019). Foundational Digital Skills for Career Progress. Washington DC: Urbann Institute.
Iordache, C., Mariën, I., & Baelden , D. (2017). Developing Digital Skills and Competences: A Quick Scan Analysis of 13 Digital Literacy Models. Italian Journal of Sociology of Education, 9(1) doi: 10.14658/pupj-ijse-2017-1-2., 6-30.
Puspita, R., & Suciati, T. N. (2020). MOBILE PHONE dan MEDIA SOSIAL: PENGGUNAAN dan TANTANGANNYA pada JURNALISME ONLINE INDONESIA. Ekspresi dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol.3 No. 2 Januari , 132-146.
Shimp, T. A. (2006). Advertising, Promotion, and Other Aspects of Integrated Marketing Communication. United State of America: Thomson South Western.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabet.
Tanto, A. R., & Malau, R. M. (2020). Analisis Literasi Digital Guru Penyandang Tunanetra Di Sekolah Luar Biasa Negeri A Pajajaran Kota Bandung. Ekspresi dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 5 No. 2 Januari, 224-236.
Vaikutytė-Paškauskė, J., Vaičiukynaitė, J., & Pocius, D. (2018). Digital Skills in the 21st century. European Union: the European Parliament's Committee on Culture and Education.
van Laar, E. v. (2017). The relation between 21st-century skills and digital skills: A systematic literature review. . Computers in human behavior, 72, 577-588. https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.03.010.
Windyaningrum, R. (2021). New Normal : Kompetensi Digital Aparatur Desa Dan Kelompok Informasi Masyarakat Dalam Memperkenalkan Potensi Desa Pada Masa Tatanan Baru. In A. Huda, Kesiapan Masyarakat Dalam Kehidupan New Normal (pp. 233-253). Surabaya: Lakeisha.
Wu, C. e. (2018). Digital Skill Tools. ITU.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rachmawati Windyaningrum, Nila Kusumawindarti, Arina Rubyasih, Stefani Made Ayu Artharini Koesanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.