Evaluasi Pelaksanaan Pelatihan Komputer Di Tbm Ransel Buku Petuk Katimpun Kota Palangka Raya
Evalution Of The Implementation Of Computer Training In Community Reading Park Of Ransel Buku Petuk Katimpun Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v20i2.2278Keywords:
Capaian hasil, kualitas layanan, dunia kerjaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil akhir pelatihan komputer bagi warga belajar yang di selenggarakan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Ransel Buku, dilaksanakan menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri pengelola TBM Ransel Buku, instruktur, warga belajar dan masyarakat serta alumni TBM. Analisis data dilakukan secara simultan dan terus menerus sejak dimulai hingga akhir penelitian, terdiri dari data condensation, data display dan drawing and verifying conclusions. Untuk menguji keabsahan data dilakukan triangulasi, pengamatan secara tekun, dan diskusi.Hasil penelitian bahwa pelaksanaan pelatihan komputer yang diselenggarakan TBM Ransel Buku dapat di katakan berhasil, karena semua program kegiatan pelatihan terlaksana dengan baik. Indikator lain keberhasilan pelatihan ini, para alumni warga belajar TBM Ransel Buku berdaya guna di masyarakat dan dunia kerja.
Downloads
References
Creswell, J. (2010). Research Design. Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Edisi 4. (Terjemahan Achmad Fawaid dan Rianayati Kusmini Pancasari). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tanggal 4 Mei 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Kemdikbud.
---------,(2013). Permendikbud No. 81 Tahun 2013 tentang Pendirian Satuan Pendidikan Nonformal. Jakarta: Kemdikbud.
---------,(2015). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI Nomor 43 Tahun 2015 Tentang Uji Kompetensi Guru Atau Pendidik Lainnya dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kemdikbud.
Lincoln, Yvonna S, dan Egon G. Guba. (1985). Naturalistik Inquiry, California Amireka: Sage Publication.
Makarim, Nadiem. (2020). Nadiem Jelaskan Makna Pembelajaran Daring. https://republika.co.id/ berita/q7p9wr409/nadiem-jelaskan-makna-pembelajaran-daring. Rabu 25 Mar 2020 01:36 WIB.
Miles, B. Matthte dan Huberman., A. Michaell., Saldana, Johnny. (2014). Quaitative Data Analysis. A. Methods Sourcebook, Edition 3. London: SAGE Publication,Inc.
Montolalu, E.J.C., dan Langi, Yohanes A.R. (2018). Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). deCartesian, 7(1), 44-46.
Neuman, W. Lawrence. (2016). Metodologi Penelitian Sosial. Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Edisi 7 (Terjemahan Edina T. Sofia). Jakarta : PT. Indeks.
Nindya, P. N., dan Margaretha, R. (2012). Hubungan antara kekerasan emosional pada anak terhadap kecenderungan kenakalan remaja. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, 1(02), 1-9.
Prasetya, Valens Ngali, Susanawati, L. D., dan Widiatmono, B. R. (2015). Penentuan Daya Tampung Sungai Badek Terhadap Beban Pencemar Akibat Limbah Cair Penyamakan Kulit di Kelurahan Ciptomulyo, Malang. Jurnal Sumberdaya Alam dan Lingkungan, 2(2), 17-24.
Strauss, Anselm & Corbin, Juliet. (2017). Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Tatalangkah dan Teknik-teknik Teoritisasi Data. Cetakan V. (Terjemahan Muhammad Shodiq & Imam Muttaqien). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tamba, Wayan, Rizka, MA, Andriani, Ika. (2020). Pendidikan Masyarakat Melalui Pemberdayaan Perempuan Berbasis Life Skill Education. Jurnal Paedagogy:Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Turere, Verra Nitta. (2013). Pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap peningkatan kinerja karyawan pada Balai Pelatihan Teknis Pertanian Kalasey. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.