Determinasi Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Fasilitas dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Palangka Raya
Determination of Mathematics Learning Outcomes in terms of Facilities and Learning Motivation of Class VIII SMP Muhammadiyah Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v21i1.2899Keywords:
Determinasi, Hasil Belajar Matematika, Fasilitas, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Diterminasi Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Palangka Raya ditinjau dari Fasilitas dan Motivasi Belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Palangka Raya tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 161 siswa. Sampel diambil sebanyak 119 siswa. Data fasilitas dan motivasi belajar siswa diambil dengan angket, sedangkan data hasil belajar matematika siswa digunakan tes. Pengumpulan data dilakukan secara online, dengan media Google Form. Untuk menguji validitas angket digunakan rumus korelasi Product Moment. Untuk menguji validitas tes, digunakan Indeks Kesukaran (IK) dan Daya Pembeda (D). Untuk memperoleh reliabilitas angket, digunakan rumus Alpha, untuk reliabilitas tes digunakan rumus KR-20. Data dianalisis dengan korelasi Product Moment, Korelasi Ganda, serta rumus Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada hubungan positif yang signifikan fasilitas dengan hasil belajar matematika siswa, dengan nilai rhitung sebesar 0,33. Ada hubungan positif yang signifikan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa, dengan nilai rhitung sebesar 0,43. Ada hubungan positif yang signifikan fasilitas dan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa, dengan nilai R sebesar 0,43. Sedangkan rtabel = 0,18, Koefisien determinasi sebesar 0,18.
Downloads
References
Armida. 2015. Hubungan antara Minat dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Palangka Raya. Skripsi Sarjana, tidak diterbitkan. Universitas Palangka Raya.
Aunurrahman. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Dimyati & Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. & Zain. 2018. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ery. 2013 Hubungan Antara Fasilitas Belajar dan Kemandirian Belajar Matematika dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Semester 1 Sedayu Kabupaten Bantul. Skripsi Sarjana, tidak diterbitkan, Universitas Ahmad Dahlan. Diunduh pada tanggal 19 Desember 2020 dari http://www.academia.edu
Jatmiko. 2015. Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Nahdhatul Ulama Pace Nganjuk. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2): 205.
Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran Prespektif Guru dan Siswa. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA.
Mairing, J.P. 2018. Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: ALFABETA.
Majid, A. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Pancarita & Haryani, D. 2020. Hubungan Pemanfaatan Fasilitas Belajar dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTS An Nur Palangka Raya. Jurnal Pendidikan, 21(2): 118.
Sadirman, A.M. 2014. Interaksi Motivasi dan Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sadirman. 2018. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Syah, M. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.