KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT
Mathematical Literacy Skills Based On Adversity Quotient
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v23i2.5795Keywords:
Kemampuan literasi matematika, Adversity quotient, Numerasi, MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah Palangka Raya ditinjau dari adversity quotient. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah Palangka Raya terdiri dari masing-masing 2 siswa dengan adversity quotient climber, camper, dan quitter. Penentuan subjek dengan menggunakan purposive sampling. Untuk pengambilan data menggunakan metode kuesioner, tes, dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian ini adalah siswa dengan adversity quotient jenis climber memenuhi semua indikator proses matematika secara lengkap. Siswa dengan adversity quotient jenis camper untuk proses matematika merumuskan(formulate) kurang lengkap, sedangkan proses menerapkan (employ) dan menafsirkan (interpret) dilakukan secara lengkap. Siswa dengan adversity quotient jenis quitter untuk proses matematika merumuskan(formulate) lengkap, sedangkan proses menerapkan (employ) dan menafsirkan (interpret) dilakukan kurang lengkap.
Downloads
References
Afri, L. D. (2018). Hubungan Adversity Quotient dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Axiom, 7(2), 47–53.
Aini, N., & Mukhlis, M. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Adversity Quotient. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 105–128.
Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis Pengetahuan Numerasi Mahasiswa Matematika Calon Guru. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 237–247.
Bahar, E. E., & Nursakiah. (2022). Pembinaan Soal-Soal Literasi Numerasi UPT SPF SDN 318 Karringa. J.A.I : Jurnal Abdimas Indonesia, 2(2), 258–263.
Cahayani, N. ., Witono, A. ., & Setiawan, H. (2022). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Kelas III SDN 2 Kuta Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 534–538.
Kenedi, A. ., & Helsa, Y. (2017). Literasi Matematis Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Seminar Nasional PGSD Universitas Negeri Padang 4-6 September 2017, 165–174.
Nilasari, N. ., & Anggreini, D. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Ditinjau dari Adversity Quotient. . . Jurnal Elemen, 5(2), 206–219.
Ramadhani, N., & Hadi, M. S. (2023). Systematic Literature Review: Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau Dari Adversity Quotient Pada Pembelajaran Matematika. Community Development Journal, 4(2), 1661–1668.
Septianingtyas, N., & Jusra, H. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Berdasarkan Adversity Quotient. Jurnal Cendekia, 4(2), 657–672.
Wahyuni, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Gaya Belajar pada Anak Usia Dini. Obsesi, 6(6), 5840 – 5849.
Winata, R., Sugiharto, & Yupito. (2023). Kemampuan Sintesis Matematis Mahasiswa Ditinjau Dari Identitas Gender. Jurnal Anterior, 22(1), 65–72.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rahmat Winata, Walter Punding, Sugiharto, Walter Punding, Suparman, Yupito, Rizki Nurhana Friantini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.