Pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Dan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 4 Palangka Raya
The Effect Of Using The Internet As A Learning Source And Creativity To Mathematics Learning Results Class VIII Students Of SMPN 4 Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v21i2.2906Keywords:
Pemanfaatan Internet, Kreativitas Belajar, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dan kreativitas terhadap hasil belajar matematika siswa SMPN 4 Palangka Raya. Instrumen penelitian ini menggunakan angket dan tes. Uji asumsi klasik yang dilakukan yaitu: uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan analisis regresi linear berganda, yang meliputi uji t, uji F dan R-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan internet terhadap hasil belajar matematika siswa dengan koefisien regresi sebesar 0,561.(2) ada pengaruh positif yang signifikan antara kreativitas terhadap hasil belajar matematika siswa dengan koefisien regresi sebesar 0,992 (3) ada pengaruh positif yang signifikan pemanfaatan internet dan kreativitas terhadap hasil belajar matematika siswa dan nilai > (830,02 > 3,13) dan p-value = 0,000 < 0,05. (4) Nilai R-Square sebesar 93,4% artinya bahwa pengaruh yang diberikan oleh kombinasi pemanfaatan internet dan kreativitas terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 93,4% sedangkan sisanya 6,6% dipengaruhi variabel lain.
Downloads
References
Hamalik O. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran . Jakarta: PT Bumi Aksara
Munandar S.C.U. 1995. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta
Rusman dkk. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.. Jakarta: Rajawali Press.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, N. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar . Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.