Explorasi Nilai-Nilai Demokrasi Pada Rapat Damai Di Desa Tumbang Anoi Tahun 1894
Exploration of Democratic Values at Peace Meetings in the village of Tumbang Anoi in 1894
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v21i2.3003Keywords:
Democratic, Dayak, Tumbang AnoiAbstract
Rapat Damai di Desa Tumbang Anoi menjadi titik awal bersatunya suku-suku yang memiliki nilai historis pada penyatuan suku Dayak di Borneo. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1). Mendeskripsikan peristiwa Rapat Damai di Desa Tumbang Anoi . 2) Menggali nilai-nilai Demokrasi yang terkandung dalam Rapat Damai di Desa Tumbang Anoi. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode deskriptif analitik dalam pembahasannya. Teknik penggalian data menggunakan 3 metode yaitu observasi, wawancara dan studi literatur. Analisis data dalam penelitian berlangsung bersamaan dengan proses pengumpulan data dengan menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Rapat Damai Tumbang Anoi sangat penting baik bagi Belanda maupun bagi suku Dayak sendiri karena merupakan awal bersatunya suku Dayak. (2). Adapun nilai-nilai yang terkandung dalam rapat damai di desa Tumbang Anoi seperti: bermusyawarah, Semangat perdamaian,Semangat kekeluargaan, Kesadaran akan suatu masyarakat Dayak yang lebih luas, dan Kesadaran akan perlunya tertib hukum.
Downloads
References
Damianus Siyok & Yankris. 2014. Discovery Manusia Dayak. Palangka Raya: PT. Sinar Bagawan Khatulistiwa.
Dr. Hermogenes Ugang. 2010. Menelusuri Jalur-Jalur Keluhuran. Palangka Raya: Lembaga Dayak Panarung.
Dr. Yunikewati, MM &, Dr. Lue sudiyono. n.d. Makna Betang Damang Batu Dan Pelestarian Budaya Kalimantan. Yogyakarta: Kaliwangi.
Fajar, Wildan Nurul, and Muhammad Abduh. 2017. “Pengembangan Nilai-Nilai Demokrasi Dengan Model Pembelajaran Diskusi Kelas.” Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, no. November: 191–98. http://eprints.uad.ac.id/9780/1/191-198 Tukiran%2C Wildan Nurul Fajar%2C Muhammad Abduh.pdf.
Fay, Brian. 2002. Filsafat Ilmu Sosial Kontemporer. Yogyakarta: Jendela.
Hartman, Eric. 2013. “No Values, No Democracy: The Essential Partisanship of a Civic Engagement Movement.” Michigan Journal of Community Service Learning 19: 58–71. http://libaccess.mcmaster.ca/login?url=http://search.proquest.com/docview/1509081014?accountid=12347 http://sfx.scholarsportal.info/mcmaster?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info:ofi/fmt:kev:mtx:journal&genre=article&sid=ProQ:ProQ:ericshell&atitle=No+Val.
J.U. Lontaan. 1975. Sejarah-Hukum Adat Dan Adat Istiadat Kalimantan-Barat. Jakarta: Pemda Tingkat I Kalimantan Barat.
Lilis Suryani. 2019. “Nilai-Nilai Islami Filosofi Huma Betang Suku Dayak Di Buntoi Kalimantan Tengah.” IAIN Palangka Raya.
Marko Mahin. 2003. Tamanggung Nikodemus Ambo Djaya Negara. Lembaga Studi Dayak.
Noviati, C. 2013. “Demokrasi Dan Sistem Pemerintahan.” Jurnal Konstitusi 10 (2): 333–54. https://doi.org/10.31078/jk.
Russaly A. Emond. 2012. Sejarah Asal Mula Terjadi Permusuhan Antara Suku-Suku Dayak Kalimantan Tengah. Palangka Raya: CV Mefi Caraka.
Sibuea, Hotma P, Asmak Ul Hosnah, and Clara L Tobing. 2020. “Jurnal Internasional Multikultural Dan Pemahaman Multireligius Kajian Rezim Otoritarian Di Indonesia : Perspektif UUD 1945 Konstitusi Sebagai Konstitusi Demokrat,” 779–92.
Suacana, I. 2015. “Nilai-Nilai Dan Parameter Demokrasi Dalam Kehidupan Masyarakat Bali.” Jurnal Kajian Bali (Journal of Bali Studies) 5 (1): 81–106.
Subba, Dipty. 2014. “Nilai-Nilai Demokratis Dan Pendekatan Demokratis Dalam Pengajaran : Sebuah Perspektif” 2 (12): 37–40. https://doi.org/10.12691/pendidikan-2-12A-6.
Tengah, Lembaga Peneltian UNPAR dengan Pemerintah Prov. Kalimantan. 2008. Sejarah Kalimantan Tengah. Palangka Raya: Program Pengelolaan Kekayaan budaya Provinsi Kalimantan tengah.
Tjilik Riwut. 2003. Maneser Panatau Tatu Hiang. Edited by Dra. Nila Riwut. Pusaka Lima.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.