Problematika Insecure pada Remaja di Kelas X SMA PGRI 2 Banjarbaru

Authors

  • Saidah Tunnoor Universitas Achmad Yani Banjarmasin
  • Nadya Huda Universitas Achmad Yani Banjarmasin
  • Hartati Hartati Universitas Achmad Yani Banjarmasin
  • Nurul Huda Fitriani Universitas Achmad Yani Banjarmasin
  • Mahrita Mahrita Universitas Achmad Yani Banjarmasin
  • M. Ihsan Ramadhani Universitas Achmad Yani Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v23i1.5921

Keywords:

Insecure, Remaja, Perilaku

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perasaan insecure yang terjadi pada remaja dan perilaku yang ditimbulkan, mengetahui faktor yang memengaruhi, dan dampak rasa insecure terhadap kehidupan remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, untuk mengungkap suatu makna dari perasaan dan pengalaman individu. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara bersama para informan yang berada direntang usia 16-17 tahun atau fase usia remaja dan jenjang pendidikan sekolah menengah atas.Hasil penelitian ini menunjukan perilaku yang tampak pada individu yang mengalami insecure adalah kecenderungan untuk mengindari situasi sosial seperti tampil didepan umum, berinteraksi sosial, hingga kesulitan dalam bersosialiasi, dan suka membandingkan diri perihal pencapaian dan kondisi fisik dengan individu lain. Faktor penyebab insecure yakni pengalaman mendapatkan perundungan berupa perundungan verbal dan dikucilkan oleh lingkungan, dan kecemasan sosial yaitu takut akan dievaluasi atau dinilai buruk dari orang lain. Dampak dari insecure yakni menjadi individu yang tidak percaya diri, tertutup, menyebabkan overthink atau berpikiran negatif tentang sesuatu yang belum tentu akan terjadi, dan kegelisahan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Saidah Tunnoor, Universitas Achmad Yani Banjarmasin

Nadya Huda, Universitas Achmad Yani Banjarmasin

Hartati Hartati, Universitas Achmad Yani Banjarmasin

Nurul Huda Fitriani, Universitas Achmad Yani Banjarmasin

Mahrita Mahrita, Universitas Achmad Yani Banjarmasin

M. Ihsan Ramadhani, Universitas Achmad Yani Banjarmasin

References

Ali, M dan M. Asrori. 2016. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. PT Bumi Aksara. Jakarta

Arikunto, S. 2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara

Jones, D. E., Greenberg, M., & Crowley, M. 2015. Early Social-Emotional Functioning and Public Health: The Relationship between Kindergarten Social Competence and Future Wellness. American Journal of Public Health, 105, 2283-2290. https://doi.org/10.2105/AJPH.2015.302630

Kusumastuti, D. 2021. Peran Komunikasi Organisasi Sanggar Lingkungan Hidup Di Desa Kreyo Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Terhadap Pemberdayaan Sampah Plastik. (Doctoral dissertation, IAIN Syekh Nurjati Cirebon).

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :Alfabeta, CV.

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Tunnoor, S., Huda, N., Hartati, H., Fitriani, N. H., Mahrita, M., & Ramadhani, M. I. (2024). Problematika Insecure pada Remaja di Kelas X SMA PGRI 2 Banjarbaru. Anterior Jurnal, 23(1), 34–42. https://doi.org/10.33084/anterior.v23i1.5921