Peran Pemerintah Kota Palangka Raya dalam Pengembangan Objek Wisata Sei Batu Kelurahan Sei Gohong Kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v23i1.6598

Keywords:

Role of government, Development, Tourist attravtion

Abstract

Peran pemerintah adalah segala tindakan dan kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam melaksanakan tugas, wewenang dan kewajibannya, dalam hal ini adalah segala tindakan dan kebijakan yang dilakukan pemerintah daerah dalam melaksanakan tugas, wewenang dan kewajibannya dalam menyelenggarakan ketertiban dan ketentraman masyarakat di daerahnya sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagai pelindung dan pelayan masyarakat.

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk Mengetahui dan mendeskripsi Peran Pemerintah Kota Palangka Raya Dalam Pengembangan Objek Wisata Sei Batu Kelurahan Sei Gohong Kecamatan Bukit Batu Kota Palangkaraya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: 1) observasi, 2) wawancara, 3) dokumentasi.Hasil Penelitian menunjukkan  bahwa Peran Pemerintah Kota Palangka Raya dalam Pengembangan Objek Wisata Sei Batu Di Kelurahan Sei Gohong Kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya sudah mencapai hasil yang baik. Hal ini dilandasi 3 indikator Pemerintah Kota Palangka Raya yaitu motivator, fasilitator dan dinamisator. Tiga indikator tersebut berjalan dengan baik, namun belum bisa dikatakan maksimal untuk Pengembangan Objek Wisata Sei Batu Di Kelurahan Sei Gohong Kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya. Adapun saran dalam penelitian ini yaitu Pemerintah Kota Palangka Raya harus mengamati kembali perannya agar tiga indikator tersebut berjalan maksimal sesuai dilandasi dengan tiga indikator yaitu motivator, fasilitator dan dinamisator.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Laksminarti Laksminarti, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Priskilla Priskilla, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

A Yoeti, Oka. (2014). Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung. Angkasa.

Achmad Afandi, Sunarti dan Luchman Hakim. (2017). “Peran Pemerintah Daerah dalam Pengembangan Destinasi Wisata Bahari Pulau Gili Noko Kabupaten Gresik (Studi Pada Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gresik).” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 49 No.1.

Andi Atrianingsi, Beddu Lahi dan Sitti Mirsa. (2019). “Peran Pemerintah Dalam Mengembangkan Wisata Malino Sebagai ”Beautiful Malino” Di Kabupaten Gowa. Jurnal Ilmiah Paranata Edu, Volume 1 No 1.

Anggraeni, D. F., & Fadlurrahman. (2018). Peran Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Temanggung Dalam Pengembangan Objek Wisata. JMAN: Jurnal Mahasiswa Administrasi Negara, 2(1).

Apriani, G., Atong, P., Studi, P., Publik, A., & Sintang, U. K. (2020). Peran Pemerintah Desa dalam Pengembangan Ekowisata Danau Jemelak. 9(1), 67–75.

Arif, M., & Syam, A. (2017). Strategi pengembangan objek wisata pantai sumedang di kecamatan ranah pesisir kabupaten pesisir selatan 1. 2(2), 191– 200.

Farhah Kamilatun Nuha, 180802072 (2022) Peran Pemerintah Gampong dalam Pengembangan Desa Wisata di Gampong Nusa, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

Hamel, A., Ogotan, M., & Tulusan, F. (2017). Peranan Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dalam Pengembangan Objek Wisata Di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Jurnal Administrasi Publik, 3 (046).

Imawan, R. (2022). Analisis Pemerintah Dalam Pengelolaan Wisata Permandian Alam Lewaja Di Kabupaten Enrekang= Government Analysis in the Management of Lewaja Natural Baths in Enrekang Regency. Universitas Hasanuddin.

Lestari, Endah Dwi, et al. "Peran Pemerintah Terhadap Pengembangan Sektor Pariwisata di Kabupaten Biak Numfor." Journal of Economics Review (JOER) 3.1 (2023): 21-35.

M. Hafiz Al Gerry. (2014). “Peran Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Kampar Dalam Pengembangan Obyek Wisata Danau Bokuok Di Desa Aursati Kecamatan Tambang Tahun 2010-2012.” JOM FISIP Volume 1 No. 2.

Pakpahan, Aston, and Alfrid Sentosa. "DAMPAK PENGEMBANGAN PARIWISATA TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI SUNGAI BATU SEI GOHONG KOTA PALANGKA RAYA." JURNAL SOCIOPOLITICO 2.2 (2020): 126-130.

Pemerintah Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Kepariwisataan No. 10 Tahun 2009. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Soekanto, Soejono. (2017). Sosiologi suatu pengantar. Jakarta. Rajawali press.

Pendong, A., Singkoh, F., & Pangemanan, F. (2020). PERANAN PEMERINTAH DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA GUNUNG PAYUNG DI DESA POOPO KECAMATAN RANOYAPO KABUPATEN MINAHASA SELATAN. JURNAL EKSEKUTIF, 2(5).

Pendong, Alesandro, Frans Singkoh, and Fanley Pangemanan. "Peranan Pemerintah Dalam Pengembangan Pariwisata Gunung Payung Di Desa Poopo Kecamatan Ranoyapo Kabupaten Minahasa Selatan." Jurnal Eksekutif 2.5 (2020).

Putra, R. P., dan W. Asrida. 2012. Peran Pemerintah Desa dalam Pengembangan Objek Wisata di Desa Buluh Cina Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar Tahun 2008-2011.

Rahu, Philianto Dani. "Kolaborasi Model Pentahelix dalam Pengembangan Desa Wisata Sei Gohong Kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya." Journal Ilmu Sosial, Politik dan Pemerintahan 10.1 (2021): 13-24.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 9 Tahun 1990 Tentang Kepariwisataan, Jakarta 1990.

Downloads

Published

2024-01-18

How to Cite

Laksminarti, L., & Priskilla, P. (2024). Peran Pemerintah Kota Palangka Raya dalam Pengembangan Objek Wisata Sei Batu Kelurahan Sei Gohong Kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya. Anterior Jurnal, 23(1), 97–102. https://doi.org/10.33084/anterior.v23i1.6598