ANALISIS MUATAN SASTRA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Siti Arnisyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran sastra di Sekolah Dasar (SD) yang ada di Kalimantan Tengah. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk mengungkapkan cara-cara yang dilakukan oleh guru dalam mengimplementasi pembelajaran sastra di sekolah. Fokus penelitian ini adalah kesesuaian antara kurikulum yang berlaku disekolah dengan penerapan pembelajaran sastra yang dilakukan oleh guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan pembelajaran sastra dilaksanakan sesuai dengan panduan kurikulum yang berlaku di sekolah sesuai dengan latar belakang responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik yang berada pada jenjang kelas 1 belum memiliki kemampuan yang baik dalam mengapresiasi, mengekspresi dan menelaah karya sastra. Hal itu disebabkan karena pada jenjang tersebut peserta didik masih dalam tahap belajar mengenal dan menulis huruf atau merangkai kata. Namun, pada jenjang kelas 3 dna 4 peserta didik sudah mampu untuk mengapresiasi, mengekspresi dan menelaah karya sastra. Keterampilan berbahasa yang baik sangat mendukung implementasi pembelajaran di sekolah dasar.


Kata Kunci: Pembelajaran Sastra di SD, Kurikulum.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Arnisyah, S. (2023). ANALISIS MUATAN SASTRA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 8(1), 54–60. https://doi.org/10.33084/bitnet.v8i1.10199
Section
Articles

References

Bandan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. 2022 Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka. Kemdikbud: Jakarta.

Binti Bachtiar, Elfia Sukma dan Ahmad J.S. 2016. Kompetensi Kognitif Pembelajaran Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar. Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 2.i1 (1-11). http://dx.doi.org/10.22202/JG.2016.v2i1.1395

BNSP. 2013. Kerangka Dasar dan Strutur Kurikulum Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Kemdikbud: Jakarta.

Endraswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Faruk. 2014. Pengantar Sosiologi Sastra. Edisi Revisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hafizah, R. Aceng dan S. Rohman. 2022. Pembelajaran Sastra Anak dalam Membentuk Karakter di Sekolah Dasar. Metalingua: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 7. No. 2. Oktober 2022.

https://journal.trunojoyo.ac.id/metalingua/article/view/12561/7225

Kosasih. 2012. Dasar-dasar Keterampilan Sastra. Bandung: Yrama Widya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Slamet. 2019. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: UNS PRESS.

Yulianeta. 2019. Pembelajaran Apresiasi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.