PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI TERHADAP NILAI SISWA KELAS 7 DALAM PEMBELAJARAN INFORMATIKA PADA SEKOLAH MTS NORHIDAYAH PUNDU KOTAWARINGIN TIMUR KALIMANTAN TENGAH
PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI TERHADAP NILAI SISWA KELAS 7 DALAM PEMBELAJARAN INFORMATIKA PADA SEKOLAH MTS NORHIDAYAH PUNDU KOTAWARINGIN TIMUR KALIMANTAN TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.33084/bitnet.v9i1.7622Keywords:
Kata kunci— Penggunaan Teknologi, Pembelajaran Informatika, Nilai Siswa, Korelasi, MTS Norhidayah Pundu, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penggunaan teknologi terhadap nilai siswa kelas 7 dalam pembelajaran informatika di MTS Norhidayah Pundu, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 7 di MTS Norhidayah Pundu yang terdiri dari 100 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner untuk mengumpulkan data mengenai penggunaan teknologi dalam pembelajaran dan nilai siswa dalam mata pelajaran informatika. Data dianalisis menggunakan analisis korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan teknologi dalam pembelajaran informatika terhadap nilai siswa kelas 7 di MTS Norhidayah Pundu, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah (r = 0,75, p < 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin tinggi penggunaan teknologi dalam pembelajaran informatika, semakin tinggi pula nilai siswa kelas 7. Oleh karena itu, disarankan agar pihak sekolah lebih aktif mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran informatika guna meningkatkan prestasi belajar siswa.
Kata kunci— Penggunaan Teknologi, Pembelajaran Informatika, Nilai Siswa, Korelasi, MTS Norhidayah Pundu, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Paende, A. Mewengkang, and J. R. Batmetan, “Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK,” Edutik J. Pendidik. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 2, no. 5, 2022, doi: 10.53682/edutik.v2i5.5928.
A. R. M Azis, B. B. B. Butar, and M. Hariyanto, “Analisis Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Efektivitas Pembelajaran Siswa Sman 95 Jakarta Barat,” J. Inov. Inform., vol. 6, no. 1, 2021, doi: 10.51170/jii.v6i1.151.
E. L. Astuti and F. Kristin, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Google Classroom terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 7, no. 2, 2023, doi: 10.31004/basicedu.v6i6.4932.
Y. M. Anggraini, E. A. Wahyuni, R. F. Sidik, A. Rakhmawan, and W. P. Hadi, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE BERPENDEKATAN STEAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA,” Nat. Sci. Educ. Res., vol. 6, no. 1, 2023, doi: 10.21107/nser.v6i1.16620.
S. Ningsih, S. Yanti, and S. Wahyuni, “Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Hasil Belajar Siswa,” Jump. J. Educ. Multidiscip. Res., vol. 2, no. 2, 2023, doi: 10.56921/jumper.v2i2.89.
Kharisma, “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Kemampuan Memahami Teks Prosedur Siswa Kelas VII,” BELAJAR Bhs. J. Ilm. Progr. Stud. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 5, no. 2, 2020, doi: 10.32528/bb.v5i2.2795.
S. Mahardini, L. Kurniawan, and E. Natalia, “Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi, Motivasi, Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan,” J. Ikraith-Ekonomika, vol. 6, no. 3, 2023.
T. I. R. P. S.T., Implementasi Algoritma Sift Pada Aplikasi Media Pembelajaraan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Berbasis Augmented Reality Melalui Android, vol. 6. 2020.
Irham, B. Badaruddin, and M. Hamzah, “Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi, Pelatihan Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai ULP Kabupaten Majene,” Nobel Manag. Rev., vol. 3, no. 1, 2022, doi: 10.37476/nmar.v3i1.2921.
Y. Noverdika, “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Model Tutorial dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 17 Padang,” J. Literasiologi, vol. 5, no. 1, 2021, doi: 10.47783/literasiologi.v5i1.181.
M. Khusna, “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Minat Belajar Dan Perilaku Peserta Didik Kelas Vi Mi Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan,” Psikol. Belajar, 2019.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Arnisyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.