Penggunaan Media Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Use Of Animation Media to Improve Student Learning Outcomes
DOI:
https://doi.org/10.33084/bitnet.v9i1.6453Keywords:
Media Animasi, Hasil Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan media video pembelajaran dari Animaker di MAN 1 Katingan Hilir, dengan fokus penelitian pada : (1) Untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik kelas X MAN 1 Katingan Hilir pada proses pembelajaran menggunakan video pembelajaran dari Animaker, (2) Ada peningkatan hasil belajar dengan menggunakan video pembelajaran dari Animaker terhadap hasil belajar pada peserta didik kelas X MAN 1 Katingan Hilir.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MAN 1 Katingan Hilir berjumlah 33 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dengan menggunakan media video pembelajaran dari Animaker dalam aktivitas peserta didik terdapat peningkatan pada setiap siklus. Ini bisa dibuktikan aktivitas siklus I mencapai persentase 82,00 % (Baik). Pada siklus II aktivitas mencapai persentase 100 % (Sangat Baik). (2) terdapat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media video pembelajaran dari Animaker, pada siklus I nilai rata-rata 76,36 dengan kentuntasan 82,00 % (Baik). Pada siklus II nilai rata-rata 90,75 dengan ketuntasan 100 % (Sangat Baik). Sehingga pada siklus II dinyatakan berhasil karena sudah mencapai indikator keberhasilan.
Downloads
References
Diplan, & Setiawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Purwodadi-Grobogan: Sarnu Untung
Eli, R. N., & Sari, S. (2018). Pembelajaran Sistem Koloid Melalui Media Animasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 3(2), 135-144.
Furoidah, M. F. (2010). Pengaruh penggunaan media animasi pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas VII MTS Sutya Buana Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Kelirik, N. (2018). Penerapan Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar Negeri 1 Sukadana. Journal undiksha, 16, 1.
Kusumahwardani, D., Pramadi, A., & Maspupah, M. (2022). Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan video animasi audiovisual berbasis animaker pada materi sistem gerak manusia. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(1), 110-115.
Nurjannah, N., & Khatimah, H. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata pelajaran Sejarah Siswa melalui Model Pembelajaran Example dan Non Example pada Siswa SMA. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1), 36-41.
Pranata, K., Dewi, H. L., & Zulherman, Z. (2022). Efektivitas Video Animasi Berbasis Animaker Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 9(1), 11-17.
Yusniawati, I. (2011). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Tata Surya dengan Menggunakan Media Interaktif Animasi 3 Dimensi pada Siswa Kelas VI SD Negeri 02 Tlobo Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ade Salahudin Permadi, Ribut Wahyu Eriyanti, Ainur Rofiq, Atok Miftakhul Huda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.