Implementasi Media Pembelajaran Quiz Menggunakan Media Kahoot untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Implementation of Quiz Learning Media Using Kahoot Media to Improve Student Learning Achievement

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v9i2.8145

Keywords:

Media Pembelajaran Quiz, Kahoot, Prestasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui ada atau tidak adanya peningkatanaktivitas peserta didik saat menggunakan kahoot sebagai media pembelajaran pada Siswa Kelas X DKV B SMK Karsa Mulya Palangka raya. (2) Mengetahui ada atau tidak adanya peningkatan prestasi hasil belajar peserta didik pada Siswa Kelas X DKV B SMK Karsa Mulya Palangka raya setelah memanfaatkan kahoot sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di Kelas X DKV B SMK Karsa Mulya Palangka raya dengan jumlah populasi 39 siswa yang terdiri dari 19 murid laki-laki dan 20 murid perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Dengan memanfaatkan kahoot sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Keaktifan siswa tersebut dapat dilihat pada tabel 15. Pada Siklus I skor aktivitas siswa sebesar 570 dan meningkat menjadi 736 pada siklus II dengan kategori Sangat Baik. (2) Dengan memanfaatkan kahooot dapat meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas X DKV B SMK Karsa Mulya Palangkaraya. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil pretest (tes awal) yang memperoleh ketuntasan klasikal hanya sebesar 35,49%, kemudian pada Siklus I hasil ketuntasan klasikal yang diperoleh adalah 51,28%, pada Siklus ll nilai ketuntasan klasikal yang diperoleh adalah 100% yang dimana 100% tersebut sudah memenuhi standar indikator pencapaian penelitian yaitu KKM 70 dengan ketuntasan klasikal 100%

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Chandra Anugrah Putra, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Mursaidi Mursaidi, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Setiawan, M. Andi & Diplan. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Bullón, J. J. (2018). Analysis of student feedback when using gamification tools in Math subjects. IEEE Global Engineering Education Conference (EDUCON), (18).

lmiyah, N. H., dan Sumbawati, M. S. (2019). Pengaruh Media Kahoot! Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology), 3(1), 46-50.

Pathorrahman, Chandra Anugrah Putra, & M. Noor Fitriyanto. (2024). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN INTERAKTIF TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. Scientica: Jurnal Ilmiah Sains Dan Teknologi, 2(4), 256–271. Retrieved from https://jurnal.kolibi.org/index.php/scientica/article/view/713

Putra, C. A., & Witari, S. (2024). Application of Video Media to Improve Student Learning Outcomes in Class III Thematic Learning for Natural Science Subjects at SDN 3 Bukit Tunggal. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 172–175. https://doi.org/10.33084/tunas.v9i2.7500

Rafika Andari. (2020) Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Kahoot! Pada Pembelajaran Fisika, Padang

Sukmawati, Fatma. 2021. Media Pembelajaran. Surakarta: Tahta Media Grup

Sutirna. (2018). Game Education: Aplikasi Program Kahoot! dalam Tahap Aplikasi Proses Belajar Mengajar. Jurnal Semanasriatek.sakaintek.org

Widodo, S. A. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students.TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 17(1), 154–160.

Yohannes, H. M. G. (2016). Impact of multimedia in Teaching Mathematics. International Journal of Mathematics Trends and Technology (IJMTT), (November). https://doi.org/10.14445/22315373/IJMTT-V39P510

Downloads

Published

2024-09-11

How to Cite

Putra, C. A., & Mursaidi, M. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Quiz Menggunakan Media Kahoot untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa: Implementation of Quiz Learning Media Using Kahoot Media to Improve Student Learning Achievement. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 9(2), 75–79. https://doi.org/10.33084/bitnet.v9i2.8145

Most read articles by the same author(s)