A Perancangan Dan Implementasi Jaringan Laboratorium MTs Al Fajar
Design And Implementation of The MTs Al Fajar Laboratory Network
DOI:
https://doi.org/10.33084/bitnet.v9i1.7116Keywords:
Jaringan laboratorium, Kurikulum Merdeka, Implementasi TeknologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan jaringan laboratorium di MTs Al Fajar sebagai upaya untuk mendukung kurikulum merdeka dan meningkatkan kualitas pembelajaran siswa. Metode penelitian dilakukan melalui observasi langsung di MTs Al Fajar serta studi pustaka untuk mengumpulkan informasi tentang kebutuhan infrastruktur teknologi di sekolah tersebut dan praktik terbaik dalam perancangan laboratorium jaringan. Hasil implementasi jaringan laboratorium menunjukkan bahwa infrastruktur jaringan telah berhasil dirancang sesuai dengan kebutuhan pengguna, termasuk koneksi internet stabil, keamanan jaringan yang terjamin, dan aksesibilitas yang memadai bagi siswa dan guru. Pembahasan meliputi tinjauan kritis terhadap hasil penelitian, implikasi praktis bagi sekolah, dan saran untuk pengembangan masa depan. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa perancangan dan implementasi jaringan laboratorium dapat menjadi langkah yang efektif dalam mendukung kurikulum merdeka dan meningkatkan pengalaman belajar siswa di MTs Al Fajar.
Downloads
References
Gunawan, A. A. N., Putra, M. I. K., Supardi, I. W., Ilham, S. T., Wibawa, M. D. I. M. S., Fuadi, A., & Sos, S. (2023). Dasar Ilmu Komputer dan Jaringan.
Ilmiah Multidisiplin, 3(01), 109-122.
Jamilah, R. S., & Pasha, D. (2024). Perancangan UI/UX Smart Aset dan Infrastruktur Jaringan Universitas Teknokrat Indonesia: Pendekatan Human Centered Design. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 4(5), 2616-2627.
Jenita, J., Harefa, A. T., Pebriani, E., Hanafiah, H., Rukiyanto, B. A., & Sabur, F. (2023). Pemanfaatan Teknologi Dalam Menunjang Pembelajaran: Pelatihan Interaktif Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13121-13129.
Kalifah, D. R. N., Hidayah, N., & Ramadoni, M. A. (2023). Implementasi Pembelajaran Daring Menggunakan Model Kurikulum Teknologi Dalam Merdeka Belajar di MI. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 66–88.
Laksana, T. G., & Mulyani, S. (2024). Pengetahuan Dasar Identifikasi Dini Deteksi Serangan Kejahatan Siber Untuk Mencegah Pembobolan Data Perusahaan. Jurnal
Lembong, J. M., Lumapow, H. R., & Rotty, V. N. J. (2023). Implementasi merdeka belajar sebagai transformasi kebijakan pendidikan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 765-777.
Mubarak, H. Z. (2022). Desain kurikulum merdeka untuk era revolusi industri 4.0 dan society 5.0. Zakimu.
Muzakky, R. M. R., Mahmuudy, R., & Faristiana, A. R. (2023). Transformasi Pesantren Menghadapi Era Revolusi Digital 4.0. ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(3), 240-255.
Pardosi, V. B, S., Karim, A., Ilham, R., & Wijaya, A. (2024). Sistem Keamanan Komputer. CV Rey Media Grafika.
Rahim, A., & Ismaya, B. (2023). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Merdeka Belajar: Tantangan dan Peluang. JSE Journal Sains and Education, 1(3), 88–96.
Rahman, R., Nurninawati, E., Pipin, S. J., Sutanto, A., Nazal, M. A., Rusdiana, L., & Permata, N. G. (2024). Jaringan Komputer: Teori dan Penerapan Berbagai Bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Ramdhani, R. A., Rojabi, M. N., Mubarok, M. C., Fuadi, D. A. R., & Rofiqi, A. (2024). Implementasi Sistem Manajerial Tata Kelola Terdistribusi Pada Laboratorium Kewarganegaraan Digital Universitas Pgri Wiranegara Pasuruan. Jurnal Riset Informatika dan Multimedia, 1(1), 20-27.
Sukmayadi, D., Ekawati, R., Pandiangan, P., Safitri, H., & Purwoningsih, T. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fisika Melalui Pemanfaatan Sumber Belajar Digital Bagi Guru Sekolah Menengah Provinsi Banten. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(6), 180–189.
Uno, H. B. (2022). Landasan Pendidikan. Bumi Aksara.
Wibowo, H. S. (2023). Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif. Tiram Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 EKO SUSILO
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.