PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITE UNTUK PELAJARAN SEJARAH INDONESIA
Development of Google Site Based Learning Media for Indonesian History Lessons
DOI:
https://doi.org/10.33084/bitnet.v9i2.7432Keywords:
google site, R&DAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mendukung pencapaian kompetensi siswa sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengembangan media pembelajaran berbasis Google Site telah melibatkan tahap-tahap pengembangan, termasuk validasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil validasi menunjukkan bahwa media ini dinyatakan "sangat layak" untuk digunakan dalam pembelajaran, dengan persentase akhir rata-rata sebesar 89%. Kesimpulan Uji coba media pembelajaran dilakukan terhadap 20 siswa MAN 1 Pulang Pisau. Hasil dari tanggapan peserta didik terhadap media ini menunjukkan bahwa persentase rata-rata tanggapan positif sebesar 92,8%.
Downloads
References
Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran articulate storyline kurikulum 2013 berbasis kompetensi peserta didik abad 21 tema 7 kelas IV sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 193-204.
Dermawati, N., Suprata, S., & Muzakkir, M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Lingkungan. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 74-78.
Djemari. Mardapi, (2008). Teknik Penyusunan instrumen Tes dan Nontes. Jogyakarta: Mitra Cendikia. h.121.
Harian, K. (2022, April 8). Google Sites: Pengertian, Kelebihan, Manfaat, serta Cara Penggunaanya. Kumparan.
Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(1), 94-103.
Nadila, N. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB GOOGLE SITES PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV. Skripsi.
Nooryono, E. (2009). Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Dalam Rangka Meningkatkan Minat Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA 2 Bae Kudus. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Novriliam, R., & Yunaldi, Y. (2012). Pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar di Sekolah Dasar Negeri 23 Painan Utara. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 1(1), 141-150.
Octaviani, R., & Sutriani, E. (2019). Analisis data dan pengecekan keabsahan data.
Premana, I. M. Y., Suharsono, N., & Tegeh, I. M. (2013). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Produksi Gambar 2D Untuk Bidang Keahlian Multimedia di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 3(1).
Rayanto, Y. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute
Rosaly, R., & Prasetyo, A. (2019). Pengertian Flowchart Beserta Fungsi dan Simbol-simbol Flowchart yang Paling Umum Digunakan.
Saputra, M. E. Y., & Effendi, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Google Site pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik untuk Kelas XI Titl di SMKN 2 Payakumbuh. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(4), 252-257.
Sugiyono. 2014, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Veni, J, D. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITE PADA MATERI IKATAN KIMIA BERMUATAN MULTI LEVEL REPRESENTASI KIMIA. Skripsi.
Yuliani, W., & Banjarnahor, N. (2021). Metode penelitian pengembangan (rnd) dalam bimbingan dan konseling. Quanta, 5(3), 111-118.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Suriansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.