Kemampuan Guru Menggunakan Komputer Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN Kotawaringin Timur

The Ability Of Teachers To Use Computers In The Process Of Learning Islamic Religious Education In Man Kotawaringin Timur

Authors

  • Dody Eka Siti Patimah Universitas Muhammadyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v9i1.7459

Keywords:

Learning, teacher skills, computer, Pembelajaran, keterampilan guru, komputer

Abstract

Rendahnya kemampuan guru dalam menggunakan ICT ini dapat dilihat dari (1). Masih seditkit guru yang mengetahui cara mengoperasikan komputer serta memahami fungsi dari setiap komponen yang ada di dalam komputer. (2). Kurangnya pengetahuan guru tentang pemilihan software yang sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran. (3) Kurangnya pengetahuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran melalui komputer dan software yang digunakannya. (4) Kurangnya pemahaman guru mengenai perbedaan perannya di dalam pembelajaran yang menggunakan komputer dibandingkan dengan pembelajaran secara konvesional. (5). Kurangnya pengetahuan guru tentang cara – cara mengatasi masalah yang akan timbul ketika menggunakan komputer dalam pembelajaran. (6). Masih Sedikit guru yang peka terhadap perkembangan teknologi terkini dan produk – produk terbaru untuk memperluas wacana dan wawasannya tentang perkembangan teknologi pembelajaran terkini.

Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomenalogi. Adapun instrument penelitian ini dapat dilihat pada buku Sugiyono yang mengemukakan bahwa dalam penelitian kualitatif, yang menjadi instrument atau alat peneliti adalah peneliti itu sendiri.

Berdasarkan hasil temuan penelitian dapat dikemukan bahwa cara menyusun program pembelajaran dengan menggunakan media komputer antara lain (1) guru memiliki landasan dalam penggunaan media komputer, (2) menyusun materi pelajaran berdasarkan silabus dan RPP mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, (3) Memperhatikan isi slide power point dan video yang akan disampaikan harus menarik dan tidak mengandung unsur SARA. untuk itu maka guru perlu memiliki kemampuan untuk mengoperasionalkan komputer dan memilih software yang sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran. Proses pembelajaran dengan menggunakan komputer sebagai media pembelajaran diawali dengan absensi siswa, kemudian guru memberikan pengantar melalui slide power point kemudian masuk pada inti materi. Setelah menjelaskan inti materi guru juga membuat kelompok diskusi dan pada akhir pembahasan guru menampilkan video yang berkaitan dengan materi untuk mendukung penjelasan dan contoh yang sudah guru jelaskan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad Azhar, Media Pembelajaran : Edisi Revisi, Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Arifin Zainal & Setiyawan Adhi, Pengembangan Pembelajarna Aktif Dengan ICT, Yogyakarta: Skripta, 2012.

......., Media Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo, 2003.

Darmawan Deni, Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Djamarah Syaiful Bahri & Zain Aswan, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Komarudin & Tjuparmah Yooke, Kamus Istilah Karya Tulis Ilmiah, Cet 1, Jakarta:Bumi Aksaara, 2000.

Kosasih Nandang & Sumarna Dede, Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi kecerdasan, Bandung: Alfabeta, 2013.

Miarso Yusufhadi, Media Pembelajaran, Jakarta: CV Rajawali, 1984.

Munir, Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bandung: Alfabeta, 2010.

......., Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi dan Informasi, Bandung: Alfabet, 2009.

Munadi Yudhi, Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru, Jakarta: Press Group, 2013.

Sugiyono, Metode Penelitan Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Cet.19, Bandung : Alfabeta, 2013.

......., Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cet. 20, Bandung : Alfabeta, 2014.

......., Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cet. 21, Bandung : Alfabeta, 2014.

Rahman, Arif, Teknologi Pembelajaran Dan Media Untuk Belajar, Jakarta: Kencana, 2011.

Usman Basyiruddin, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Warsita Bambang, Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Mubarak, Ramzan. 2011 “makalah pemanfaatan komputer”, Dikutip dari http://stitattaqwa.blogspot.com/2011/07/pemanfaatan-komputer-untuk-pembelajaran.html. diakses pada tanggal 22 Maret 2024 pukul 19:15.

Frengki, Rahmat. 2014 “makalah pengembangan pembelajaran PAI”, Dikutip dari http://rachmatfatahillah.blogspot.co.id/2014/04/pengembangan- pembelajaran-pai-berbasis.html yang diakses pada tanggal 22 Maret 2024

Downloads

Published

2024-05-02

How to Cite

Siti Patimah, D. E. (2024). Kemampuan Guru Menggunakan Komputer Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN Kotawaringin Timur: The Ability Of Teachers To Use Computers In The Process Of Learning Islamic Religious Education In Man Kotawaringin Timur. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 9(1), 26–39. https://doi.org/10.33084/bitnet.v9i1.7459