Penerapan Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Microsoft Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 3 Palangka Tahun Pelajaran 2019/2020
Application of Microsoft Power Point Assisted Media Learning Model to Improve Social Studies Learning Outcomes in Class IV Students of SDN 3 Palangka 2019/2020 Academic Year
DOI:
https://doi.org/10.33084/bitnet.v4i1.529Keywords:
Hasil Belajar IPS, Model Circuit Learning, Media Microsoft Power PointAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik kelas IV pada saat pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran Circuit Learning berbantuan media Microsoft Power Point dan (2) Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV pada saat pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran Circuit Learning berbantuan media Microsoft Power Point. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas IV SDN-3 Palangka yang berjumlah 35 peserta didik. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif, kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas peserta didik kelas IV di SDN-3 Palangka TAHUN PELAJARAN 2019/2020 dalam pembelajaran IPS setelah menerapkan model Circuit Learning berbantuan media Microsoft Power Point menjadi sangat baik, karena peserta didik aktif dan bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Adapun hasil pengamatan aktivitas guru pada kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh pengamat I dan Pengamat II selama proses pembelajaran IPS pada siklus I rata-rata aspek 3,73 pada kategori sangat baik, dan rata-rata aspek peserta didik yaitu 3,57 pada kategori sangat baik. (2) Ada peningkatan hasil belajar IPS dengan menerapkan model pembelajaran Circuit Learning berbantuan media Microsoft Power Point pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN-3 Palangka TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Hal ini ditunjukan dengan hasil belajar yang dilihat melalui rata-rata kelas pada siklus I yaitu sebesar 80 dan presentase ketuntasan peserta didik secara klasikal yaitu 100% , dari ketetapan yang sudah ditentukan yaitu untuk KKM sebesar 65 dan kriteria ketuntasan secara klasikal 85% dengan ini maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPS setelah menerapkan model pembelajaran Circuit Learning berbantuan media Microsoft Power Point.
Downloads
References
Sugiyono.(2013).Metode Penelitian Manajemen, Bandung : Alfabeta, CV.
Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pembelajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Siti Paramida, Ade Salahuddin Permadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.