Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Creative Problem Solving Dengan Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual

Differences in Learning Outcomes of Students Using Creative Problem Solving Models with Problem Based Learning Assisted by Audio Visual Media

Authors

  • Suhaibatul Aslamiah Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Bulkani Bulkani Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Rita Rahmaniati Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v8i1.4987

Keywords:

Creative Problem Solving, Problem Based Learning, Media Audio Visual, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif komparatif dengan desain penelitian Pretest-Posttest Nonequivalent Multiple Group Design. Kelas eksperimen 1 berjumlah 27 orang yang pembelajarannya menggunakan model Creative Problem Solving berbantuan media audio visual dan kelas eksperimen 2 berjumlah 25 orang yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media audio visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Pahandut yang pembelajarannya menggunakan model Creative Problem Solving dan Problem Based Learning berbantuan media audio visual. Sebelum dilakukan analisis terhadap hasil belajar, hasil pre-test dianalisis untuk mengetahui kemampuan awal pada kedua kelas eksperimen tersebut menggunakan uji independent sample t test yang diperoleh bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,746. Jika nilai Sig. (2-tailed) > 0,05, sehingga tidak terdapat perbedaan hasil pre-test pada kelas eksperimen 1 dan 2. Pada uji Normalitas, kelas eksperimen 1 diperoleh nilai signifikansi pada pre-test adalah 0,178 dan post-test 0,200, sedangkan kelas eksperimen 2 diperoleh nilai signifikansi pada pre-test adalah 0,244 dan post-test 0,200. Nilai signifikansi tersebut lebih dari 0,05, sehingga data penelitian ini berdistribusi Normal. Pada uji Homogenitas pre-test diperoleh nilai signifkansi sebesar 0,610 dan post-test sebesar 0,246. Nilai signifikansi tersebut lebih dari 0,05 sehingga varians data post-test dan pre-test pada kelas eksperimen 1 dan 2 bersifat Homogen. Pada uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,889 yang artinya nilai Sig. (2-tailed) > 0,05, sehingga dalam penelitian ini Ho diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Suhaibatul Aslamiah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Bulkani Bulkani, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Rita Rahmaniati, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Ade Salahudin Permadi, D. O. (2022). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Powerpoint. Bitnet : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 7(2), 19–23.

Ali, M., & Asrori, M. (2014). Metodologi & Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Astuti, T. P. (2019). Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64–73.

Bulkani. (2021). Evaluasi Pembelajaran. Palangka Raya: Akademia Pustaka.

Darmawan, D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Harefa, D., & dkk. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Jurnal Education and development, 3(1), 1–18.

Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kartini, N. H. (2017). Application of Problem Based Learning Using Debate Methods 33. Anterior Jurnal, 17(1), 33–40.

Partayasa, W., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2020). Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Minat. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 168. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2644

Rahmayati, A. (2016). Perbedaan Motivasi dan Aktivitas Siswa Menggunakan Metode College Ball dengan Metode Card Sort pada Pembelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 2 Galur. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1–12.

Rosyid, M. Z., & dkk. (2020). Ragam Media Pembelajaran. Pamekasan: Literasi Nusantara.

Suardi, I. M. (2020). Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas VIII A Semester II SMP Negeri 1 Tampaksiring Tahun Pelajaran 2018/2019, 27(22), 50–66.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Aslamiah, S., Bulkani, B., & Rahmaniati, R. (2023). Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Creative Problem Solving Dengan Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual: Differences in Learning Outcomes of Students Using Creative Problem Solving Models with Problem Based Learning Assisted by Audio Visual Media. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 8(1), 39–46. https://doi.org/10.33084/bitnet.v8i1.4987