Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penggunaan Media Manipulatif Efforts to Improve Learning Outcomes of Mathematics through the Use of Manipulative Media
Main Article Content
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan media manipulatif, (2) untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan media manipulatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 2 Kereng Bangkirai. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, observasi, dan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) ada peningkatan aktivitas belajar peserta didik, dan (2) ada peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan media manipulatif pada peserta didik kelas IV SDN 2 Kereng Bangkirai Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan nilai ketuntasan klasikal yaitu 100%.
Downloads
Article Details
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.
References
Sudjana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Djamarah, S, 2011, Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Muhsetyo, dkk, 2007, Pembelajaran Matematika SD, Jakarta : Universitas Terbuka.