Pengaruh Sketchfab sebagai Media Pembelajaran Visual Model 3D terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Unsur, Senyawa, Campuran

Authors

  • Putri Karimah STKIP Taman Siswa Bima
  • Arif Rahman Hakim STKIP Taman Siswa Bima
  • Ahyar

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v10i2.9702

Keywords:

Hasil Belajar, Sketchfab, Pengaruh, Model 3D, Tiga Dimensi, Model Visual

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran visual model 3D Sketchfab terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok unsur, senyawa, dan campuran di SMPN 4 Monta. Ruang lingkup penelitian meliputi peningkatan hasil belajar melalui inovasi media pembelajaran berbasis teknologi digital. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan Sketchfab dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes awal, tes akhir, dan modul ajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol yang signifikan. Analisis data menggunakan uji-t menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelompok kontrol, yang menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar antara kedua kelompok tersebut. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan Sketchfab sebagai media pembelajaran visual model 3D efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi alternatif inovatif dalam proses pembelajaran, khususnya untuk mata pelajaran yang membutuhkan tingkat visualisasi tinggi, dan memberikan kontribusi bagi pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi di bidang pendidikan.

Kata Kunci : Sketchfab, Media Pembelajaran Visual, Model 3D, Capaian Pembelajaran

Downloads

References

Ardiansah, F. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Pelajaran Pai Di Sma Ypi Tunas Bangsa Palembang. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 1–8. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/5125/3914

Aristov, M. M., Geng, H., Pavelic, A., & Berry, J. F. (2022). A new library of 3D models and problems for teaching crystallographic symmetry generated through Blender for use with 3D printers or Sketchfab. Journal of Applied Crystallography, 55, 172–179. https://doi.org/10.1107/S1600576721013236

Aristov, M. M., Moore, J. W., & Berry, J. F. (2021). Library of 3D Visual Teaching Tools for the Chemistry Classroom Accessible via Sketchfab and Viewable in Augmented Reality. Journal of Chemical Education, 98(9), 3032–3037. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.1c00460

Aziz, A., & Zakir, S. (2022). Indonesian Research Journal on Education : Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(3), 1030–1037.

Bejdi, P. (2024). 3D Models And Sketchfab Platform As A New Tool In Veterinary 3d Models And Sketchfab Platform As A New Tool In Veterinary. November. https://doi.org/10.5281/zenodo.14124445

Dinçer, S., & Çengel-Schoville, M. (2022). Curriculum Content Proposal for Integration of Technology in Education. Uluslararası Eğitim Programları ve Öğretim Çalışmaları Dergisi, 12(2), 399–412. https://doi.org/10.31704/ijocis.2022.016

Inawan, D. S., Sulthoni, S., & Ulfa, S. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif IPA SD Kelas IV Materi Makan dan Dimakan Antar Makhluk Hidup. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(2), 151–161. https://doi.org/10.17977/um038v5i22022p151

Ismunandar, R. S., & Adistana, G. A. Y. P. (2020). Studi Terhadap Media Pembelajaran 3D Sketchup Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 6(2), 1–6.

Kafilahudin, F. A., & Akbar, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Sistem Pernafasan Hewan Berbasis 3D Augmented Reality. Sudo Jurnal Teknik Informatika, 3(1), 31–40. https://doi.org/10.56211/sudo.v3i1.469

Nuraini, A. A., Putri, N. N., & Salsabilah Kharissa, R. (2023). Integrasi Teknologi Dan Dalam Pendidikan Pancasila Dan Pada Era Multikulturalisme. ADVANCES in Social Humanities Research, 1(5), 526–531.

Nurulita, D. A., & Setiawan, A. M. (2024). Enhancing Student Achievement in the Measurement of Objects on Science Material by Developing 3D Hologram Learning Media. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(6), 3414–3422. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i6.5848

Prameswara, A. Y., & Pius X, I. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan hasil Belajar Siswa Kelas 4 SDK Wignya Mandala Melalui Pembelajaran Kooperatif. SAPA - Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.53544/sapa.v8i1.327

Prasetya, A., Ulfa, S., & Susilaningsih, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Untuk Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(2), 111–120. https://doi.org/10.17977/um038v5i22022p111

Purba, N. A., & Sihombing, V. T. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Media Visual Tiga Dimensi (3D) Kelas V Sd Negeri 091281 Batu Iv. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(2), 322–343. https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i2.1320

Purba, N., & Sarminta. (2021). Media Visual 3 Dimensi (3d) Dan Pembelajaran Menulis Dalam Menunjang Profesionalisme Guru. SKYLANDSEA PROFESIONAL Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Teknologi, 1(2), 205–208.

Raja Farhan Uddin, & Najmonnisa. (2018). Comparing Traditional Teaching Method and Experiential Teaching Method using Experimental Research. Journal of Education and Educational Development, 5(2), 276–288.

Ramdani, A. &. (2019). Penerapan Media Pembelajaran 3d Sketchup Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Ilham Rio Aditya.

Ratnasari M., & Trinovita. (2023). Pemanfaatan 3D models pada PowerPoint sebagai media pembelajaran interaktif. Journal of Computer Science and Informatics (JOCSI), 1(1), 27–31.

Sari, I. P., Permana, F. C., Firmansyah, F. H., & Hernawan, A. H. (2021). Computer-based learning: 3D visualization and animation as content development for digital learning materials for traditional Indonesian cloth (Songket Palembang). Journal of Physics: Conference Series, 1987(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1987/1/012003

Sembung, F. Y., & I Nengah, S. W. (2023). Penerapan Metode Tanya Jawab Berbantuan Sketchfab Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA 3 Tahun Ajaran 2022/2023. Emasains : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 12(2), 153–166. https://doi.org/10.59672/emasains.v12i2.2825

Serbaya, S. H., Rizwan, A., Sánchez-Chero, M., Mushtaq, I., Kaswan, M. S., & Garza-Reyes, J. A. (2024). Assessment of organizer model and conventional teaching method for improved student learning performance: a gamification-based perspective. TQM Journal, December. https://doi.org/10.1108/TQM-08-2024-0322

Spiess, F., Waltenspül, R., & Schuldt, H. (2024). The Sketchfab 3D Creative Commons Collection (S3D3C). 1–8. http://arxiv.org/abs/2407.17205

Tamami, A. A., & Dwiningsih, K. (2020). The Effectivity of 3D Interactive Multimedia to Increase the Students’ Visuospatial Abilities in Molecular. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 53(3), 307. https://doi.org/10.23887/jpp.v53i3.25883

Utomo, M. G. N., Degeng, I. N. S., & Praherdiono, H. (2022). Pengembangan Kartu Dengan Teknologi 3D Augmented Reality Sebagai Media Visual Tematik Untuk Siswa Kelas VI SD. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(2), 162–171. https://doi.org/10.17977/um038v5i22022p162

Yılmaz, A. (2021). The effect of technology integration in education on prospective teachers’ critical and creative thinking, multidimensional 21st century skills and academic achievements. Participatory Educational Research, 8(2), 163–199. https://doi.org/10.17275/per.21.35.8.2

Zaki Dhamayanti1, M., Hidayati, D., Hasanah, E., & Sukirman, S. (2024). Pengalaman Peserta Didik Kelas 1 SD Dalam Menggunakan Quizizz Sebagai Sarana Belajar Interaktif. Manajemen Pendidikan, 19(1), 1–15. https://doi.org/10.23917/jmp.v19i1.3997

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Putri Karimah, Arif Rahman Hakim, & Ahyar. (2025). Pengaruh Sketchfab sebagai Media Pembelajaran Visual Model 3D terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Unsur, Senyawa, Campuran . Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 10(2), 48–62. https://doi.org/10.33084/bitnet.v10i2.9702