Penggunaan Media Tiga Dimensi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik
The Use of Three-Dimensional Media in Improving Student Learning Outcomes in Mathematics
DOI:
https://doi.org/10.33084/bitnet.v2i1.761Keywords:
Media Tiga Dimensi, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar matematika kelas IV/B SDN-3 Kereng Bangkirai setelah menggunakan media tiga dimensi. Metode yang digunakan peneliti adalah menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Populasi penelitian berjumlah 26 peserta didik yang sekaligus dijadikan sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data didasarkan pada hasil siklus saat proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Penggunaan media tiga dimensi dapat meningkatkan hasil belajar Matematika peserta didik kelas IV/B SDN-3 Kereng Bangkirai tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata setiap siklus semakin meningkat. Pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 66,06 dengan kriteria tingkat keberhasilan pembelajaran tercapai. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh 92,31 dengan kriteria tingkat keberhasilan pembelajaran sangat tercapai.
Downloads
References
Aqib, Z., (2011), Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK, Bandung : CV. Yrama Widya.
Asrori, M., (2007), Penelitian Tindakan Kelas, Bandung : CV. Wacana Prima.
Asnawir dan Usman, B., (2002), Media Pembelajaran, Jakarta : Ciputat Pers.
Daryanto, (2010), Media Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media.
Djamarah, S.B., (2011), Psikologi Belajar, Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Djamarah, S.B., dan Zain, A., (2010), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Frentino, (2012), Peningkatan Hasil Belajar Melalui Media Konkret Pada Pokok Bahasan Satuan-Satuan Waktu, Skripsi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.
Hamalik, O., (2011), Proses Belajar Mengajar, Bandung : PT. Bumi Aksara.
Heruman, (2008), Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Jennah, R., (2009), Media Pembelajaran, Banjarmasin : Antasari Press.
Karso, dkk, (2007), Pendidikan Matematika I, Jakarta : Universitas Terbuka.
Kunandar, (2007), Guru Profesional, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Kunandar, (2011), Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Muhibbin Syah, (2011), Psikologi Belajar, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Novitasari, N., (2009), Efektivitas Media Playdough Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Gunung Berapi Dalam Mata Pelajaran IPA, Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia
Rachmawati, Y., dan Kurniati, E., (2005), Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini, Jakarta : Depdiknas.
Riduwan, (2007), Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan Dan Peneliti Pemula, Bandung : Alfabeta.
Santyasa, (2007), Metodelogi Penelitian Tindakan Kelas, Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.
Setianingsih, Y.L., (2011), Pengaruh Media Playdough Terhadap Kreativitas Anak Usia Taman Kanak-Kanak, Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia.
Slameto, (2010), Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Sudjana, N., (2006), Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Sudjana, N., dan Rivai, A., (2002), Media Pembelajaran, Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono, (2007), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung : Alfabeta.
Sugiyono, (2012), Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Alfabeta.
Suharsimi Arikunto, (2006), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto, (2010), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto, (2012), Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Sukardi, (2005), Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Sukardi, (2012), Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Suryabrata, S., (2006), Metodologi Penelitian, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Yamin, M., (2008), Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta : Gaung Persada Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.