Penggunaan Media Gambar Pecahan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
Media Use of Fraction Images in Improving Mathematics Learning Outcomes
DOI:
https://doi.org/10.33084/bitnet.v1i1.765Keywords:
media gambar pecahan dan hasil belajar matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan aktivitas belajar matematika dengan penggunaan media gambar, dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan media gambar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Tanjung Jaringau tahun Ajaran 2014-2015. Teknik analisis data yang digunakan ada dua macam yaitu kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada peningkatan aktivitas belajar Matematika dengan menggunakan media gambar. (2) ada peningkatan hasil belajar Matematika dengan menggunakan media gambar, peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari nilai rata-rata data awal yaitu 40 dengan ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 19%. Siklus I hasil belajar yang diperoleh yaitu 55 dengan ketuntasan klasikal 69%. Siklus II hasil belajar yang diperoleh yaitu 68 dengan ketuntasan klasikal 94%.
Downloads
References
Kunandar. (2010). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembanagan Propesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grifindo Persada.
Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group)
Sutikno, M. Sobry. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.