Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menjumlahkan Pecahan Campuran Menggunakan Metode Drill Di Kelas V

Improving Students' Ability In Adding Mixed Fractions Using Drill Method In Class V

Authors

  • Muhran Setiawan SDN 6 MENTENG

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v7i1.3375

Keywords:

Pecahan Campuran, Metode Drill

Abstract

Penelitian tindakan kelas bertujuan secara deskriptif untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan metode drill terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam menjumlahkan dan mengurangkan pecahan campuran pada mata pelajaran matematika kelas V. Subjek yang diberi tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 6 Menteng yang berjumlah 20 orang. Perlakuan tindakan yang diberikan adalah dengan menggunakan metode drill dalam pembelajaran. Harapannya setelah menerapkan metode drill dalam pembelajaran maka nantinya kemampuan siswa dalam menjumlahkan dan mengurangkan pecahan campuran jadi meningkat.

   Untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal penjumlahan dan pengurangan pecahan maka dilakukan tes uji coba yang dilaksanakan 3 kali kemudian hasilnya dianalisis. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa terdapat kecenderungan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 6 Menteng ada peningkatan, yakni dengan perolehan skor rata – rata yang diperoleh sebelum diadakan tindakan sebesar 61,9 dan setelah diadakan tindakan menjadi 84 dengan demikian berarti ada peningkatan prestasi sebesar 22,1 dengan ketuntasan belajar mencapai 90%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muhran Setiawan, SDN 6 MENTENG

References

Depatemen Pendidikan Nasional. (2006) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidkan Sekolah Dasar.
Hendrojuwono, Wisnubrata. (1990). Pengaruh experiential Learning. Terhadap Peningkatan Ketahanan Ego. Disertasi. Bandung: Program Pascasarjana UNPAD.
Mikarsa, Hera Lestari; Taufik, Agus; danPrianto, Puji Lestari. (2007). Pendidikan Anak di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.
Muhsetyo, Gatot, dkk. (2007). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Permadi Ade S, Arna Purtina, Muhammad Jailani. 2020. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6:1 (16-21).
Riadin Agung dan Muhammad Jailani. 2020. Differences in Increasing an Economic Learning Outcomes by Applying the Cooperative Model of NHT (Numbered Head Together) and IOC (Inside Outside Circle) Models in Participants. Jurnal Differences. 11:2.
Suciati, dkk. (2007). Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta :Universitas Terbuka.
Sumantri, Mulyani dan Syaodih, Nana. (2006). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wardani, I.G.A.K; Wihardit, Kuswaya; dan Nasoetion, Noehi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Setiawan, M. (2022). Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menjumlahkan Pecahan Campuran Menggunakan Metode Drill Di Kelas V: Improving Students’ Ability In Adding Mixed Fractions Using Drill Method In Class V. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 7(1), 22–26. https://doi.org/10.33084/bitnet.v7i1.3375