Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Penerapan Metode Kontekstual Pada Siswa Kelas V SD Negeri 4 Madurejo
Improvement Of The Quality Of Science Learning Material On The Properties Of Light Through The Application Of Contextual Methods To Grades V Students Of SD Negeri 4 Madurejo
DOI:
https://doi.org/10.33084/bitnet.v5i1.1334Keywords:
Kualitas Pembelajaran IPA, Sifat-Sifat Cahaya, Metode KontekstualAbstract
Pendekatan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif kuantitatif. Rancangan penelitian metode campuran (mixed methods research design) adalah suatu prosedur untuk mengumpulkan, menganalisis, “dan mencampur” metode kuantitatif dan kualitatif dalam suatu penelitian atau serangkaian penelitian untuk memahami permasalahan penelitian. Pada pelaksanaannya dibutuhkan ketrampilan tertentu dalam metode ini, yaitu : (1) prosedurnya memakan banyak waktu, (2) membutuhkan pengumpulan, (3) analisis data ekstensif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 4 Madurejo sebanyak 29 siswa. Sumber data yang digunakan dalam metode ini adalah data primer dan data sekunder. Penelitian Tindakan Kelas ini di lakukan dengan 2 siklus yakni siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II dilakukan dengan 2 X pertemuan, Hasil siklus I Jumlah Siswa Tuntas Belajar mencapai 19 siswa, nilai rata-rata mencapai 76,06. Siklus II Jumlah Siswa Tuntas Belajar mencapai 29 siswa, nilai rata-rata mencapai 81,86.
Downloads
References
Arifin, M. 1996. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Diplan & Rini. 2019. Analisis Kesulitan Belajar Dalam Materi Menanggapi Suatu Cerita Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Di SD Muhammadiyah. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1):32-36.
Djahura, Dirman. 2012. Konsep Pembelajaran Kontekstual. 18 Febuari 2016: http://dirman-djahura.blogspot.co.id/2012/09/pembelajaran-kontekstual.html
Hermawan, Ayahanda Iwan. 2014. Strategi Pembelajaran Kontekstual. 18 Febuari 2016: https://kirimtugas.wordpress.com/2014/05/03/strategi-pembelajaran-kontekstual/
Ibrohim, Nana Sudjana. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Iqbal, Hasan. 2004. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, Jakarta: Bumi Aksara.
Koentjaraningrat. 1991. Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT. Gramedia.
Mahahani. 2011. Pengertian Pembelajaran Kontekstual Ctl / Contextual Teaching And Learning. 18 Febuari 2016: http://www.m-edukasi.web.id/2011/12/pengertian-pembelajaran-kontekstual-ctl.html
Mukhtar. 2003. Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Mizaka Gazila.
Partanto, Pius A. dan M. Dahlan Al Barry. 1994. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arloka.
Permadi, Ade Salahudin & Muchlis Saini. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Peserta Didik. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):20-26.
Safithry, Esty Aryani & Niky Anita. 2019. Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Menurunkan Prasangka Sosial Peserta Didik. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2):33-41.
Setyawan, Dedy. 2014. Pembelajaran Matematika yang Mengacu Multiple Inteligences pada Materi Statistik di Kelas XI Ips Sma Negeri 2 Batu. Anterior Jurnal, 14(2):51-58.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Surti, Wayan & Muhammad Jailani. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas Dan Media Kartu Tebak Kata Pada Peserta Didik di SDN 1 Pulau Telo Kuala Kapuas Tahun Ajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 12(2):14-28.
Syah, Muhibbin. 2002. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.