Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Tema 2 Sub Tema 3 Menggunakan Metode Praktek Terhadap Siswa Kelas V
Improve Thematic Learning Outcomes Theme 2 Sub Theme 3 Using Practice Methods for Class V Students
DOI:
https://doi.org/10.33084/bitnet.v6i1.2610Keywords:
Hasil Belajar, Metode PembelajaranAbstract
Peranan pengajar menjadi menyempit lebih ke fasilitator dan pendamping peserta didik belajar. Hasil tes sebelumnya yakni tes tengah semester di kelas IV SDN 1 Sungai Kapitan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa belum maksimal, karena masih ada beberapa siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Dari 15 siswa ada sekitar 15 siswa yang hasil belajarnya masih rendah. Berikut adalah hasil UTS (Ujian tengah semester) ganjil di kelas IV SDN 1 Sungai Kapitan. Jumlah Siswa Tuntas 5 (30%) dan Jumlah siswa tidak tuntas 10 (70%). Strategi pembelajaran yang akan di pakai dalam permasalahan yang ada maka diambil cara untuk melakukan perbaikan yang sesuai melalui metode yang kreatif dan menyenangkan.
Metode sangat berguna bagi guru serta peserta didik, bagi pengajar metode dapat dijadikan panduan dan acuan bertindak yang sistematis dalam pelaksanaan pembelajaran, serta bagi peserta didik dapat mempermudah proses belajar serta siswa lebih mudah buat menyerap materi yang pada ajarkan oleh seseorang pengajar serta tetap tertanam pada siswa maka metode praktiklah yg sesuai sebab setelah peserta didik mendapatkan materi lalu peserta didik pribadi mempraktikkanya
Penelitian tindakan menekankan kepada aktivitas (tindakan) menggunakan mengujicobakan suatu ide ke dalam praktek atau situasi konkret dalam skala mikro, yg diperlukan kegiatan tadi mampu memperbaiki dan menaikkan kualitas proses belajar mengajar.
Downloads
References
Bandung : Remaja Rosdakarya.2009. Suyanto dan Asep Djihad. Bagaimana Menjadi Calon Guru Dan Guru Profesional. Yogyakarta : Multi Pressindo.2013.
Djali. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.2013. Djamarah,Syaiful Bahri. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rhineka Cipta. 2002.
Jaya, Indra.2010. Statistik Penelitian Untuk Pendidikan, Medan:Citapustaka.
Khadijah. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.2013.
Latif,Zaki Mubarok,dkk. Akidah Islam. Yogyakarta :UII Press. 2001. Mardianto.Psikologi Pendidikan LandasanUntuk Pengembangan.
Mulyasa,E. 2005. Kurikulum Dan Kompetensi, Karakteristik dan Implementasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Munir, Rinaldi. 2005. Permainan Crossword Puzzle. Jakarta : Cipta Karya.
Permadi, Ade Salahudin dan Febriana Mentari. 2020. Penerapan Media Pembelajaran Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Di SMP Negeri 1 Kahayan Kuala. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. 5:1(55-62).
Putra, Chandra Anugrah dan M Andi Setiawan. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar. 3:1(1-6).
Riadin Agung dan Muhammad Jailani. 2019. Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Menerapkan Model Cooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Dan Tipe IOC (Inside Outside Circle) Pada Peserta Didik SMA. Pedagogik : Jurnal Pendidikan. 14:2(60-70).
Setiawan, M Andi dan Diplan Setiawan. 2018. PENELITIAN TINDAKAN KELAS Teori Serta Panduan Bagi Guru Kelas dan Guru Bimbingan Konseling. Deepublish. 1.67.
Suprijono, Agus. 2006 . Cooperative Learning ( Teori & Aplikasi PAIKEM).
Syafaruddin dan Nurmawati.2011. Pengelolaan Pendidikan Mengembangkan Keterampilan Manajemen Pendidikan Menuju Sekolah Efektif. Medan : Perdana Publishing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.