Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Melalui Metode Problem Based Introduction Pada Tema 8 Bumiku Di Kelas VI Semester Genap SD Negeri 1 Tempayung
Efforts To Improve Thematic Learning Outcomes Through The Problem Based Introduction Method In 8 Bumiku Themes In Grade VI Even Semester At SD Negeri 1 Tempayung
DOI:
https://doi.org/10.33084/bitnet.v4i2.1050Keywords:
Metode Problem Based Introduction, Tema 8 Bumiku, Hasil Belajar TematikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui aktivitas belajar peserta didik di kelas VI semester genap SD Negeri 1 Tempayung melalui metode problem based introduction khususnya pada tema 8 bumiku. (2) untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar belajar peserta didik melalui metode problem based introduction khususnya pada tema 8 bumiku di kelas VI semester genap SD Negeri 1 Tempayung. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Pada siklus I Jumlah Siswa Tuntas Belajar mencapai 17 siswa, nilai rata-rata mencapai 77,22 Artinya metode problem based introduction efektif di gunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada tema 8 bumiku. Pada siklus II Jumlah Siswa Tuntas Belajar mencapai 28 siswa, nilai rata-rata mencapai 82,5. Artinya metode problem based introduction efektif di gunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada tema 8 bumiku.
Downloads
References
Anselm,dkk, Dasar-dasar Penelitian Kualitatif (Prosedur, Tehnik danTeori Grounded), 1997. Penyadur Junaidi Ghony, PT Bina Ilmu, hlm. 11.
Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Bungin, Burhan, 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Bungin, Burhan, 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial, Jakarta: Kencana Prenama Media Group.
http://carapedia.com/model_pembelajaran_jigsaw_info587.html : Diakses pada tanggal 07 Maret 2012 http://infoini.com/2012/pengertian-metode-jigsaw.html : Diakses pada tanggal 07 Maret 2012 Silberman, Mel. 2010. Cara Pelatihan & Pembelajaran Aktif. Jakarta: PT Indeks.
Muhibin Syah.(2004).Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT.Remaja Rosda karya.
Purwanto, M. Ngalim. 2001. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suryabrata, Sumardi. 2002. Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindi Persada.
Soedarsono, F.X, AplikasiPenelitian Tindakan Kelas. Departemen Pendidikan Nasional, hlm. 2.
www.kabarpendidikan.blogspot.com,www.arminaperdana.blogspot.com,www.kmpmalang.com : Diakses pada tanggal 07 Maret 2012 .
Zaini, Hisyam dkk. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Pustaka Insan Madani, 2006 http:///sunartombs.wordpress.com/2009/06/15/pengertian-dan-penerapan-metode-jigsaw: Diakses pada tanggal 07 Maret 2012.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.