Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Penerapan Metode Problem Solving Di SMPN 2 Pulau Malan
Increasing Ips Learning Outcomes Through The Application Of Problem Solving Methods In Smpn 2 Pulau Malan
DOI:
https://doi.org/10.33084/bitnet.v7i1.3376Keywords:
Hasil Belajar IPS, Metode Problem SolvingAbstract
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif. Subjek dan lokasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 2 Pulau Malan yang yang dibelajarkan dengan penerapan problem solving. Objek penelitian ini berupa hasil pembelajaran penerpan problem solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Metode pengumpulan data menggunakan angket tertutup, wawancara tidak terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode statistik dengan rumus persentase.
Hasil penelitian tentang penerapan Problem Solving menujukan peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode problem solving yaitu perolehan nilai rata-rata yang setiap siklusnya mengalami peningkatan. Siklus I nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 6,57, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 7,57, dan mengalami peningkatan lagi pada siklus III yaitu memperoleh nilai rata-rata 8,33. Selain nilai rata-rata, aktivitas siswa juga mengalami peningkatan diantaranya aspek mengajukan pertanyaan pada siklus I sebesar 16,67%, siklus II sebesar 10%, dan siklus III sebesar 25%. Aspek menanggapi respon siswa lain pada siklus I sebesar 21,67%, siklus II sebesar 13,34%, dan silklus III sebesar 18,34%. Aspek menjawab pertanyaan pada siklus I sebesar 16,67%, siklus II sebesar 66,67%, dan pada siklus III sebesar 78,33%. Aspek memperhatikan penjelasan guru pada siklus I sebesar 71, 67%, siklus II sebesar 85%, dan silus III sebesar 90%. Aspek diskusi kelompok pada siklus I 66,67%, siklus II sebesar 86,67%, dan siklus III 96,67%. Aspek diskusi kelas pada siklus I sebesar 81,67%, siklus II sebesar 86,67%, dan pada siklus III sebesar 100%.
Downloads
References
Afandi, M. (2013). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan Kelas pada Mata Pelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press
Andi Offset Suparno, P. (2015). Pendidikan Karakter di Sekolah Sebuah Pengantar Umum. Yogyakarta: PT Kanisius
Aqib, Z dkk. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD SLB, TK. Bandung: CV. Yrama Widya
Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendidikan Praktik: PT Rineka Cipta
Ar-Ruzz Media Kusmaryono, I. Wijayanti, D. dan Chamalah, E. (2015). Pembelajaran Micro. Semarang: Unissula Press.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Dahlan, A. C. (2013). Psikologi Perkembangan. Semarang: Unissula Press Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera
Daryanto dan Darmiatun, S. (2013). Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta:
Djamarah, S.B., Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Gava Media Depdiknas. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta: Badan Nasional Standar Pendidikan.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor:
Hendri dan Yanti. 2015. Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik di SDN-1 Langkai Palangkaraya. Tunas Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1:1(30-35).
Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Iyutriana, dkk. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Problem Solving. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Vol 2 (1), 7 halaman
Kemendiknas. (2010). Model Pembinaan Pendidikan Karakter di Lingkungan Sekolah. Kesuma, D., dkk. (2013). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Kurniasih dan Sani. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Kata Pena
Kurniawan, S. (2014). Pendidikan karakter Konsepsi dan Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta:
Muhsetyo, G. (2011). Materi Pokok Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka Muslich, M. (2014). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara
Nurfuadi. (2012). Profesionalisme Guru. Purwokerto: STAIN Press
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rina dan Hendri. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada SDN-6 Panarung Palangka Raya Kelas IVB Tahun Pelajaran 2014/2015. Tunas Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2:1(21-25).
Rofiq, M., Gunawan, A. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi di Indonesia dengan Menggunakan Metode Problem Solving. Primary, Vol 06 (2), 33 halaman
Sapriya. (2015). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Setiani, A. Priansa, D.J. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Susanto, A. (2013). Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group
Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka
Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Widoyoko, E.P. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.