Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan Powerpoint
Learning Effectiveness Using Powerpoint Assisted Problem Based Learning Model
DOI:
https://doi.org/10.33084/bitnet.v7i2.4059Keywords:
Efektivitas, Problem Based Learning, Powerpoint, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan bagaimana efektivitas penggunaan model pembelajaran problem based learning dan media powerpoint dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan wawancara kepada peserta didik kelas XI dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI serta dengan Kepala SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa model problem based learning dan media powerpoint efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI SMA Muhamamdiyah 1 Palangkaraya . Hal tersebut dibuktikan hasil kualitas keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik yang memuaskan.
Downloads
References
Aqib, Z.(2016). Model-model, Media, dan Trategi Pembelajaran Konstektual (inovatif). Bandung: Yrama Widya
Diplan & Setiawan, M.A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. CV. Samu Untung. Jawa Tengah.
Eggen, P. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Indeks
Fauzan, S., Jailani, M., & Teguh, Y. (2021). Restorasi Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Multi Media Interaktif Pada Mata Kuliah Praktikum Komputer Akuntansi. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(1), 9-13. https://doi.org/10.33084/bitnet.v6i1.2612
Hasan, M.I. (2002). Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia
Maryatun. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Program Microsoft Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Strategi Promosi Pemasaran Mahapeserta didik Semester 2 Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi,1,3-4.
Mingkid, G.J., Liando, D & Lengkong, J. (2017). Efektivitas Penggunaan Dana Desa Dalam Peningkatan Pembangunan. Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan,2,3.
Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D & Solihati, M. (2018). Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah?. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika,1,46.
Nur, S,. Pujiastuti, I.P & Rahman, S.R. (2016). Efektivitas Model Problem based learning (Pbl) terhadap Hasil Belajar Peserta didik Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. Jurnal Saintifik,2,135.
Putra, N. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Pendidikan. Leuwinanggung. PT. rajagrafindo Persada
S. Permadi, A., Purtina, A., & Jailani, M. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1),16-21. https://doi.org/10.33084/tunas.v6i1.2071
Shoimin, A.(2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: PT. Alfabet
Sunhaji. (2014). Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan,2,33
Suryani N. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Zaki, A & Yusri, D. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta didik Pada Pelajaran Pkn Di Sma Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu. Jurnal Ilmu Pendidikan,2,813.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ade Salahudin Permadi, Devita Oktariana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.