Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi
The Effectiveness Of Implementing A Creative Problem Solving Learning Model In Improving Student Understanding In Information And Communication Technology Subjects
DOI:
https://doi.org/10.33084/bitnet.v9i1.6920Keywords:
Creative Problem Solving, Model Pembelajaran, Motivasi BelajarAbstract
Model “Creative Problem Solving” (CPS) adalah suatu model pembelajaran yang melakukan pemusatan pada pembelajaran dari keterampilan pemecahan masalah, yang diikuti dengan penguatan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test, serta observasi. Tujuan pre-test adalah menentukan parameter keberhasilan yang hendak dicapai oleh tenaga pengajar, serta mengukur tingkat pengetahuan peserta didik mengenai materi pembelajaran. Sedangkan Tujuan post-test adalah mengetahui tingkat keberhasilan penyampaian materi, apakah siswa menyerap pembelajaran yang diberikan dengan baik atau tidak, dan juga mengumpulkan data tentang nilai kemampuan siswa sebelum dan sesudah pemberian materi. Selain itu pengajar melakukan observasi atau pengamatan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CPS secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran TIK.Berdasarkan temuan ini, integrasi model pembelajaran CPS dalam pengajaran TIK untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dan mempersiapkan siswa dengan keterampilan yang relevan untuk menghadapi tantangan di era digital. Penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Siswa yang terlibat dalam pembelajaran dengan model ini tidak hanya meningkatkan pemahaman mereka tentang materi TIK, tetapi juga mengembangkan keterampilan berpikir kreatif dan kemampuan dalam memecahkan masalah
Downloads
References
Dewey,J. 1938, Experience And Education. New York: Simon & Schuster
H, Gardner.,1983, Frames Of Mind: Theory Of Multiple Intelligences
Hattie,J. 2009, Visible Learning: A Synthesis Of Over 800 Meta-analyses Relating To Achievement.
Hobbs,R. 2010, Digital And Media Literacy: A Plant Of Action.
Ikromi, S. L. 2018, Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA melalui Pembelajaran Open-Ended pada Materi SPLTV. Jurnal Matematika Statistika dan Komputasi,
Scott, G, Isaksen and Donald, J, Treffinger.,1992, Creative Problem Solving: The Basic Course, Springer Nature.
Treffinger., 2006, Creative Problem Solving: An Introduction.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ronny Pramudya Caesario
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.