Penerapan Model Pembelajaran Peta Pikiran (Mind Mapping) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Peserta Didik

Application of Mind Mapping Learning Model to Improve Science Learning Outcomes in Students

Authors

  • Muhamad Ramli Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Astriani Astriani Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v2i2.756

Keywords:

Model, Pembelajaran, Mind Mapping, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui aktivitas peserta didik pada saat pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran peta pikiran (Mind Mapping), (2) mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran peta pikiran (Mind Mapping). Penelitian ini dilakukan pada minggu ke-4 bulan Mei 2014 yang berlokasi di MIS Hidayatul Insan, Jl Sulawesi no 67 Palangka Raya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas IV MIS Hidayatul Insan Palangka Raya yang berjumlah 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila ketuntasan aktivitas belajar peserta didik secara klasikal mencapai skor minimal 3, hasil belajar dengan kriteria ketuntasan minimal 60 dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai nilai minimal 85%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) penggunaan model pembelajaran peta pikiran ( mind mapping ) dapat meningkatkan aktivitas peserta didik yang ditunjukkan dengan perolehan skor hasil pengamatan di atas 3, (2) pengunaan model pembelajaran peta pikiran ( mind mapping ) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata 60,69 pada siklus I meningkat menjadi 74,3 pada siklus II. Ketuntasan belajar secara klasikal juga mengalami peningkatan dengan nilai 63% pada siklus I meningkat menjadi 88% pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muhamad Ramli, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Aqib, Zainal. (2014). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstekstual (Inovatif). Bandung : Penerbit Yrama Widya.
Hamalik, 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Iskandar. (2008). Metodologi Penelitian dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif), Jakarta : Gaung Persada Press.
Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kuswantini. (2008). Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas IV SDN Pusungmalang II Kabupaten Pasuruan. Pasuruan ; Kuswantini.
Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin :Aswaja Pressindo.
Nur Hamiyah & Muhammad Jauhar. (2014). Strategi belajar mengajar dikelas. Jakarta : Prestasi Pustakaraya.
Rahmadani, Mawaddah,dkk. (2012). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 153
Pekanbaru. Pekanbaru : Rahmadani.
Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.
Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sari, Permata Berlian. ( 2013). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Media Papan Berpaku.Palangkaraya : FKIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.
Suhardjono. (2006). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Kegiatan Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Bumi Aksara.
Suharsimi, A., dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Suharsimi Arikunto. (2006). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sukayati. (2008). Penelitian Tindakan Kelas di SD. Yogyakarta.
Anurrahman, (2009). Belajar dan Pembelajaran.Bandung.Penerbit:CV.Alfabeta
Aunurrahman., (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Darmadi, Hamid (2013). Metode Penelitian Guruan dan Sosial. Bandung: Alfabeta
Depdiknas, (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.
Fiati, A., (2010). Penggunaan Strategi Peta Pikiran Pada Materi Pokok Besaran Dan Satuan Pada Siswa Kelas VII Semester I Smp Negeri 3 Palangka Raya Tahun Ajaran 2009/2010. Proposal. Universitas Palangka Raya
Hanifah,S.(2013).Penggunaan Model Mind Map dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SDN 2 Darmakradenan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Penelitian.Universitas Sebelas Maret
Hyerle,D., & Alper,L (2012). Peta Pemikiran. Jakarta : Indeks
Irawaty, Yunifa., (2011). Penerapan Model Pembelajaran Advance Organizer Dengan Bantuan Peta Konsep Pada Materi Pokok Usaha Dan EnergiDi Kelas XI Semester I Sma Negeri 3 Palangkaraya Tahun Ajaran 2010/2011. Proposal. Universitas Palangka Raya
Kariau, (2013). Penerapan model mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV pada SDN 1 pahandut tahun pelajaran 2012/2013. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Kunandar, (2010). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Rajagrafindo Persada.
Mangatur Tua Sijabat., (2013), Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Menggunakan Multimedia Di Kelas VI SDN-1Menteng Palangka Raya. Palangka
Raya:Universitas Muhammadiyah Palangka Raya
Mira, M., Riadin, A. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Padapeserta Didik Kelas V SDS Muhammadiyah Plus Kabupaten Kapuas Tahun Pelajaran 2014/2015. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 6-10.
Muslich, Masnur, (2012). Melaksanakan PTK Itu Mudah, Jakarta : Bumi Aksara.
Normilasari, N., & Haidawati, P. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Kombinasi Media Diorama dan Media Gambar Pada SDN 5 Langkai Palangkaraya Tahun Pelajaran 2015/2016. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 11-15.
Sangadji,dkk (2010). Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis Dalam Penelitian. Yogyakarta : Andi Offset
Sari, M.J., (2012). Perbedaan Hasil Belajar IPA Antara yang Menggunakan Metode Mind Mapping dengan Metode Demonstrasi Pada Peserta didik Kelas V SDN-6 Panarung Palangka Raya, Proposal. Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Silberman, M ., (2013). Pembelajaran Aktif 101 Strategi untuk Mengajar Secara Aktif. Jakarta: Indeks
Slameto, (2013). Belajar dan Faktorfaktor Yang Mempengaruhi, Jakarta : PT Rineka Cipta
Slamet Widodo, (2014). Skripsi Upaya meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Media Wayang Pancasila Pada Peserta didik Kelas V SDN-3 Menteng
palangkaraya Tahun pelajaran 2013/ 1014, Skripsi . Universitas Palangkaraya.
Suartini, K., (2011). Perbedaan Hasil Belajar IPA Dilihat dari Penggunaan Media Objek Kelas IV SDN-1 Menteng Palangka Raya, Proposal. Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Sudijono, A., (2012). Pengantar Evaluasi Guruan. Jakarta : Rajagrafindo Persada
Sudjana, N. (2010). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung : Sinar Baru Algresindo
Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, S., (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta:Rajagrafindo Persada
Suryanto, Adi dkk, (2008). Evaluasi Pembelajaran di SD. Jakarta : Universitas Terbuka
Wiranata, W., Misyanto, M. 2016. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION PADA PESERTA DIDIK KELAS IVSDS MUHAMMADIYAH SELAT KUALA KAPUAS TAHUN AJARAN 2016/2017. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(1):6-10.

Downloads

Published

2017-08-18

How to Cite

Ramli, M., & Astriani, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Peta Pikiran (Mind Mapping) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Peserta Didik: Application of Mind Mapping Learning Model to Improve Science Learning Outcomes in Students. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2), 35–44. https://doi.org/10.33084/bitnet.v2i2.756