Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay

Efforts to Improve Social Studies Learning Outcomes Using the Course Review Horay Learning Model

Authors

  • Muhamad Ramli Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Isnawati Isnawati Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/bitnet.v1i1.763

Keywords:

hasil belajar dan model course review horay

Abstract

Pembelajaran yang terlaksana hanya satu arah sehingga peserta didik kurang aktif dan hasil belajar menjadi rendah, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada saat menggunakan model pembelajaran Course Review Horay, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS setelah menggunakan model pembelajaran course review horay. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 2 Ruwung Buyung Kecamatan Cempaga Hulu. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian didapatkan bahwa: (1) terjadi peningkatan hasil belajar pada peserta didik kelas IV SDN 2 ruwang buyung kecamatan cempaga hulu setelah menggunakan model pembelajaran coursey review horay, (2) peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari hasil belajar pada siklus I sebanyak 46,42% peserta didik yang tuntas dan pada siklus II sebanyak 89,28% peserta didik yang tuntas.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muhamad Ramli, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Kunandar, 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Mulyono, 2012. Strategi Pembelajaran. Malang: UINMaliki Press.
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Suyono dan M.S.Hariyanto, 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2016-02-18

How to Cite

Ramli, M., & Isnawati, I. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay: Efforts to Improve Social Studies Learning Outcomes Using the Course Review Horay Learning Model. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 6–10. https://doi.org/10.33084/bitnet.v1i1.763